EEPIS Online–Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri (PMDK-PN) kembali diadakan di 42 Politeknik Negeri di seluruh Indonesia. Berbeda dengan tahun sebelumnya, kali ini calon peserta didik memiliki kesempatan lebih besar karena mereka diperbolehkan memilih tiga pilihan program studi dari dua Politeknik yang berbeda. Kesempatan ini telah dibuka sejak 9 Februari hingga 17 April 2015. 

Masih serupa dengan prosedur tahun lalu, sekolah yang telah mendapatkan undangan PMDK-PN berupa username dan password dapat langsung login di website PMDK-PN. Sedangkan bagi sekolah yang belum mendapatkan username dan password, diwajibkan untuk mendaftarkan sekolahnya di website yang sama dan menunggu undangan dalam kurun waktu 2 x 24 jam.

Setelah login, pihak sekolah diharuskan melengkapi data yang dibutuhkan, termasuk menyantumkan nama dan data siswa yang akan diikutkan dalam PMDK-PN. Barulah username dan password siswa yang telah di inputkan akan secara otomatis digenerate oleh sistem, sehingga pihak sekolah dapat langsung mencetak dan mendistribusikannya kepada siswa-siswa yang telah direkomendasikan tersebut.

Siswa yang telah menerima username dan password dapat melengkapi data diri di website PMDK-PN. Beberapa ketentuan seperti nilai rapor, daftar prestasi dan surat rekomendasi prestasi turut disertakan dalam pengisian data tersebut. Siswa diperbolehkan memilih 2 politeknik di seluruh Indonesia dengan 3 pilihan program studi (2 program studi di Politeknik pertama dan 1 program studi di Politeknik kedua). Namun bagi siswa yang ingin mengajukan beasiswa bidikmisi dapat langusung mengunjungi website http://bidikmisi.dikti.go.id.

Setelah itu siswa diwajibkan melengkapi berkas-berkas sesuai dengan ketentuan yang tertera di website PMDK-PN. Berkas-berkas tersebut kemudian dikirimkan ke alamat politeknik yang menjadi pilihan pertama, paling lambat tanggal 17 April 2015 cap pos. Setelah melakukan verifikasi data dan berkas, pihak politeknik akan melakukan seleksi nasional dan hasilnya akan diumumkan pada 5 Mei 2015 di website resmi PMDK-PN (http://pmdk.politeknik.or.id).

Tak lupa, tim PMDK-PN terus meningkatkan pelayanannya dengan menyediakan layanan bantuan. Apabila menjumpai permasalahan, pendaftar dapat langsung mengakses laman pusat bantuan resmi PMDK-PN ( http://bantuan.pmdk.politeknik.or.id/ ) atau menghubungi call center 0804-1-567-567. “Peningkatan dan pengembangan layanan ini sesuai dengan cita-cita awal dibangunnya PMDK-PN setahun lalu. Semoga PMDK-PN ini dapat berjalan lancar dan ke depan mampu dikembangkan lagi," harap Bapak Dr. Rusminto Tjatur Widodo, ST selaku ketua pelaksana PMDK-PN. (zya/arn/hum)

wpChatIcon
EnglishIndonesian