Surabaya, pens.ac.id – Sebuah kegiatan kuliah tamu bertajuk “Small Innovative Ideas, Big Practical Applications”, usai diselenggarakan di Mini Theater Lt. 6 Gedung Pascasarjana pada Kamis (4/4). Dalam upaya mengenalkan teknologi renewable energy di kalangan generasi muda, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) mengundang salah satu peneliti terbaik yang diakui secara internasional, yakni Dr. Mohamed Torbati dari University of Southampton (UoS). Kegiatan tersebut merupakan bagian dari kolaborasi penelitian antara PENS dengan UoS yang telah berlangsung selama hampir lima tahun.

Kuliah tamu tersebut melibatkan seluruh peneliti di Energy Technology Research Center PENS, dan Dr. Mohamed Torbati yang merupakan Mechanical Engineer di University of Southampton. Tak hanya mengadakan kegiatan kuliah tamu, disebutkan bahwa terdapat program kolaborasi riset PENS dengan Dr. Mohamed Torbati dalam pemanfaatan energi angin di daerah-daerah terpencil di Indonesia. Hal ini sejalan dengan visi PENS untuk menjadi pusat unggulan dalam pengembangan dan penerapan teknologi energi terbarukan di Indonesia. 

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan semakin banyak generasi muda yang termotivasi untuk terlibat secara intensif dalam sektor pengembangan energi terbarukan. “Mahasiswa juga memainkan peranan penting terhadap keberhasilan teknologi energi terbarukan. Kita harus mampu mengejar ketertinggalan dan memanfaatkan energi terbarukan dengan sangat baik, karena ini adalah sektor yang paling krusial di masa depan,” ungkap Dr. Nu Rhahida Arini, S.T., M.T. selaku moderator pada kegiatan tersebut. Selain itu, kolaborasi riset antara PENS dan UoS juga bertujuan untuk mendorong kesadaran masyarakat dalam menggunakan energi secara bijaksana demi mengatasi perubahan iklim di Indonesia. (ann/ina)

wpChatIcon
EnglishIndonesian