Surabaya, pens.ac.id – Focus Group Discussion (FGD) berhasil dihelat oleh Program Studi D3 Teknologi Multimedia Broadcasting pada Rabu (6/3). Ruang Innovation Start Up Lt.5 Gedung Pasca Sarjana Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) menjadi saksi kehadiran berbagai perwakilan industri, yakni PT. Avian, PT. Otak Kanan, PT. Disway Hub, dan PT. Solar Animation Studio yang memaparkan program kerja sama mereka. Bertemakan “Wujudkan Sinergi Pendidikan Vokasi dan Industri Dunia Kerja,” kegiatan ini diinisiasi sebagai bentuk dukungan terhadap terciptanya ekosistem kemitraan antara industri dan satuan pendidikan vokasi.

Dalam Kegiatan FGD tersebut, PENS dan berbagai mitra industri membahas berbagai aspek, termasuk pelaksanaan magang bagi mahasiswa, penyempurnaan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan industri, serta potensi pengembangan program studi hingga tingkat Sarjana Terapan (STr) dari tingkat Diploma Tiga (D3) yang ada. Selain itu, mereka juga mengeksplorasi peluang kerjasama dalam penelitian bersama program pemerintah, yaitu Program Dana Padanan, dan menerapkan proyek pengabdian masyarakat dengan Corporate Social Responsibility (CSR) dari industri yang terlibat. Ini merupakan langkah proaktif dalam memajukan sektor pendidikan dan industri, sebagaimana yang diungkapkan oleh Citra Devi Murdaningtyas, S.T., M.T., selaku Koordinator Program Studi D3 Teknologi Multimedia Broadcasting, “Kerjasama ini tak hanya terbatas pada bidang pendidikan, tetapi juga meliputi penelitian serta pengabdian masyarakat yang berpotensi menciptakan inovasi kreatif,” ujarnya.

Dengan berakhirnya kegiatan FGD ini, diharapkan Program Studi Teknologi Multimedia Broadcasting dapat meningkatkan frekuensi dan kualitas kerja sama dengan industri. Hal ini akan membuka lebih banyak peluang bagi mahasiswa untuk mengikuti program magang dan terhubung dengan dunia kerja. Di samping itu, PENS juga berkomitmen untuk terus memperluas jaringan kerja sama dengan industri guna memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang berkualitas. Forum diskusi ini dianggap sebagai langkah awal yang positif dalam membangun kerja sama berkelanjutan antara institusi pendidikan dan dunia industri, membawa dampak positif bagi kedua belah pihak.(ann/may)

wpChatIcon
EnglishIndonesian