Surabaya, pens.ac.id – Inkubator bisnis Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), yakni PENS Sky Venture kembali menghelat Business Matching sebagai bentuk upaya pengembangan bisnis bagi startup yang dinaunginya serta memperkenalkan tenant kepada calon Investor. Kegiatan tersebut sukses diselenggarakan pada Kamis (19/10), di Gedung Dyandra Convention Center Surabaya. Kegiatan yang bertema “Sincerely Build Business Through Mutual Benefit Collaboration and Investment” ini diikuti sebanyak 12 tenant binaan PENS Sky Venture, beberapa pihak industri serta perwakilan Dinas Perhubungan Kota Surabaya dan Inkubator Bisnis Perguruan Tinggi.

Kegiatan dibuka pada pukul 09:11 WIB oleh Andri Suyandari, S. Sos., M. Med. Kom. selaku Master of Ceremony. Kegiatan dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian dilanjut dengan sambutan dan presentasi dari perwakilan PENS yang disampaikan oleh Amang Sudarsono, S.T., Ph.D. selaku Wakil Direktur Bidang Kerjasama dan Teknologi. Dalam penuturannya, Amang menyampaikan bahwa PENS bersemangat untuk mengembangkan inovasi teknologi yang dicanangkan pada tahun ini. Terdapat lima bidang unggulan inovasi teknologi yang dicanangkan, di antaranya adalah bidang information dan communication, metaverse, energy, robotics dan smart transportation. “Dari ide-ide dan inovasi inilah yang akan dikembangkan dan diwujudkan melalui kegiatan-kegiatan yang bernuansa industri dan dikemas dalam kegiatan-kegiatan Inkubator Bisnis PENS Sky Venture,” ujar Amang.

Dalam kegiatan Business Matching kali ini, PENS Sky Venture menghadirkan tiga narasumber dari luar PENS. Di antaranya adalah Dino A. Ryandi selaku COO PT. VKTR Teknologi Mobilitas, Dr. Gatot Hari Priowirjanto selaku Director of SEAMEO Secretariat, dan Herlambang Sucahyo dari Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga serta Pariwisata Kota Surabaya (Disbudporapar). Dino menyampaikan bahwa bentuk kerja sama yang dilakukan ini ialah dalam rangka mencari produk yang bisa diintegrasikan dengan produk-produk industri.

Kegiatan dilanjutkan dengan Business Pitching. Pada sesi kali ini, sebanyak 12 tenant binaan PENS Sky Venture, yakni Tulibot, Shrico, Pintu Dagang, Sandangs, Aisoru, Panaptes, Emsit, Inhotel, Taman Kota, eGuru, 3d Form dan SMAC Robotic secara bergilir menyampaikan presentasi produk unggulan mereka di hadapan calon investor dan tamu undangan. Alhasil, Tulibot sukses menjadi Juara 1 Best Pitching, Aisoru berhasil menduduki Juara 2, dan Juara 3 diraih Inhotel. “Jangan takut untuk out of the box, jangan memikirkan yang sudah ada, tapi harus lebih kreatif karena pada intinya akan sulit jika kita tidak mengubah paradigma tersebut,” pesan Dino. (arm/suc)

wpChatIcon
EnglishIndonesian