Surabaya, pens.ac.id – Kegiatan Game Jam kembali dihelat oleh Program Studi Game Technology (GT) Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Diselenggarakan selama tiga hari, terhitung sejak Jumat hingga Minggu (16-18/9), serangkaian kegiatan bertempat di Ruang Laboratorium Game Design Gedung D3 Lt.3 PENS. Berkolaborasi dengan Komunitas Game Kita, Game Jam 2022 bertujuan untuk mengenalkan industri kreatif berupa game development kepada mahasiswa PENS.

Game Jam merupakan agenda rutin dari prodi GT yang mana para peserta dituntut untuk menciptakan suatu game selama kurun waktu 48 jam. Para peserta dikelompokkan menjadi beberapa kelompok, dengan masing-masing anggota terdiri dari empat role utama game development yakni programmer, game designer, artist, dan sound engineer.

Selama tiga hari berlangsung, kegiatan ini dibagi menjadi tiga tahapan. Pembukaan oleh panitia dilakukan pada hari pertama, yakni Jumat sore (16/9). Kemudian dilanjutkan pembagian tim yang terdiri dari empat peserta dan penentuan tema yang akan digunakan dalam game yang akan dibuat, yaitu “Menjadi Penjahat”. Sedangkan pada hari kedua, kegiatan diisi penuh dengan pengerjaan game serta presentasi progress oleh tiap-tiap tim yang berpartisipasi. “Kegiatan ini dilaksanakan secara offline di lab GT atau bisa dikerjakan di rumah. Jadi kita memberikan kebebasan dalam mengerjakannya,” jelas Fisabili Maghfirona Firdaus selaku Ketua Panita Game Jam 2022.

Berbeda dengan kegiatan-kegiatan sebelumnya, Game Jam kali ini tidak hanya terbuka untuk mahasiswa Program Studi Teknologi Game, namun seluruh mahasiswa aktif PENS yang tertarik dengan game developer dapat turut berpartisipasi. Alhasil, kegiatan ini berhasil ditutup dengan berbagai apresiasi setelah sesi penilaian berakhir. Diharapkan setelah terhelatnya GameJam tahun ini, seluruh pihak yang terlibat mendapatkan pengalaman dan wawasan baru yang bermanfaat di kemudian hari. (ENT Crews)

wpChatIcon
EnglishIndonesian