Surabaya, pens.ac.id – Rangkaian kegiatan Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Pra-Tingkat Dasar (LKMM Pra-TD) sukses dihelat oleh PENS. Kegiatan ini digelar sejak Jumat (24/9), terdiri dari lima gelombang. Mengangkat tema “Harry Potter”, kegiatan rutin ini bertujuan untuk membekali mahasiswa baru mengenai manajemen diri. LKMM Pra-TD pada tahun ini diikuti oleh seluruh mahasiswa baru PENS 2021 secara daring melalui Zoom Video Conference.

Pada setiap gelombang LKMM Pra-TD, terdapat satu hingga dua departemen yang akan melaksanakan kegiatan selama tiga hari setiap minggunya. Gelombang pertama terdapat Departemen Teknik Informatika dan Komputer serta Departemen Teknologi  Multimedia Kreatif (DTMK) sesi satu. Menempati gelombang kedua yakni DTMK sesi dua dengan Departemen Teknik Elektro (DTE) sesi satu. Selanjutnya sesi kedua DTE dilaksanakan pada gelombang ketiga dan diteruskan gelombang keempat Departemen Departemen Teknik Mekanika dan Energi (DTME). Mahasiswa Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) menjadi penghujung gelombang LKMM Pra-TD tahun ini.

Para peserta mendapatkan ilmu baru yang diperoleh dari materi yang disampaikan oleh Pemandu PENS dalam LKMM Pra-TD ini. Mulai dari materi Persepsi,Kesalahan Berpikir, Mendengar Aktif,Berbicara Efektif, serta Public Speaking yang dijelaskan pada hari pertama LKMM Pra-TD dilaksanakan dalam setiap gelombangnya. Hari terakhir penyelenggaraan kegiatan terdapat materi Ambisi Kondisi Usaha, Sasaran Resiko Konsekuensi, Pengenalan Diri, Pengembangan Diri, dan Self Leadership.

Tahun kedua pelakasanaan LKMM Pra-TD dalam pandemi, bukan menjadi penghalang terselenggaranya pelatihan ini. Usainya kegiatan ini diharapkan mampu menjadi pedoman untuk para mahasiswa baru PENS menjadi pribadi yang memiliki sifat komunikatif, kreatif, dan kritis. “Dengan pelatihan ini, harapannya agar seluruh peserta mampu mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari baik diluar maupun didalam kampus,” harap Ryanda Andi Alamsyah selaku Ketua Pelaksana LKMM Pra-TD 2021. (jes)

wpChatIcon
EnglishIndonesian