Surabaya, pens.ac.id – Guna meningkatkan pengetahuan siswa mengenai Dunia Robotik, Himpunan Mahasiswa Teknik Elektronika (Hima Elka) Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) telah usai menyelenggarakan Workshop Robot dan Internet of Things (IoT) yang digelar selama dua hari terhitung sejak Sabtu (27-28/4). Merupakan serangkaian acara Java Robot Contest X, kegiatan tersebut bertempat di kampus PENS. Workshop ini diikuti oleh siswa SD, SMP, dan juga SMA.

Peserta yang ikut andil dalam workshop tersebut diantaranya tiga tim siswa Sekolah Dasar (SD), satu tim siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan empat tim Siswa Menengah Atas (SMA). Workshop tersebut terbagi menjadi tiga yakni pembuatan Manual Transporter (MT), Line Tracer Mikro (LTM) dan juga bisa keduanya yakni MT dan LTM. Digelar sebagai jembatan untuk para siswa maupun sekolah yang ingin belajar lebih mengenai dunia robotik, pada hari pertama siswa diajarkan mengenai proses pembuatan suatu robot. Mulai dari perakitan, sistem kerja robot, hingga pemrograman. Dipandu secara langsung oleh mahasiswa Teknik Elektronika, para peserta tampak fokus mengikuti arahan yang diberikan.

Selain itu, pada Workshop IoT peserta dikenalkan mengenai pentingnya teknologi 4.0 dan perkembangannya saat ini. Pemateri yang hadir yakni Ni’am Tamami S.ST,M.T.  selaku dosen Teknik Elektronika PENS yang turut didampingi oleh beberapa mahasiswanya. Usai dijelaskan beberapa hal mengenai teknologi 4.0, peserta diberikan modul yang berhubungan dengan project yang akan dibuat. Dalam workshop  ini diikuti oleh tiga tim yang mana masing-masing tim terdiri dari dua orang.

Antusias para peserta semakin tampak ketika dihadapkan dengan project robot yang akan mereka buat. Dipenghujung kegiatan, para peserta pun diajak untuk berfoto bersama sebagai simbolis berakhirnya kegiatan.  “Dari workshop ini, kedepannya semoga para siswa bisa menggunakan fasilitas yang telah tersedia, dan memperdalam pengetahuan mengenai dunia robotik juga pemahaman mengenai IoT di era saat ini,” ungkap Riski Mahendri selaku ketua pelaksana . (msa/umi)

wpChatIcon
EnglishIndonesian