EEPIS Online – Sebanyak 60 orang mahasiswa D3 Kelas Kerjasama GMF PENS mengikuti kuliah tamu yang disampaikan oleh M. Sholehuddin, DGCA Pel. Inspector di Mini teater Gd. Pasca Sarjana Terapan lantai 6, hari ini Rabu (20/09).

Selama 2 jam mahasiswa semester 1 dan 3 ini menerima informasi dan wawasan seputar berbagai macam standar yang wajib dipenuhi oleh seorang personil engineer pesawat. â€œSetidaknya ada 5 hal yang wajib dipenuhi oleh seseorang agar memiliki kualifikasi sebagai engineer pesawat, yaitu dari sisi usia, pengetahuan, pengalaman, pelatihan dan kemampuan,“kata Sholehuddin.

Beliau pun melanjutkan penjelasannya, “Dari sisi usia, seorang teknisi disyaratkan berusia sekurang-kurangnya 18 tahun. Dan, wajib memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam bidang pemeriksaan, servis dan perawatan. Untuk itu, perlu dibekali dengan pelatihan sehingga memperoleh skill atau kemampuan tertentu yang berhubungan dengan pesawat.”

Selama ini tercatat sejumlah maskapai beroperasi di Indonesia. Namun hal ini kurang didukung dengan sarana memadai terutama untuk perawatan pesawat. “Sangat dibutuhkan tenaga engineer pesawat, namun belum banyak sekolah yang dapat menyediakannya,”pungkas Staf Direktorat Jenderal Perhubungan Udara ini.  

Menurut Ardik Wijayanto, ST, MT. Kaprodi D4 Teknik Elektronika, PENS mendapatkan kepercayaan untuk menyelenggarakan program pendidikan D3 Kelas Kerjasama dengan PT. GMF Aeroasia.

“Pendidikan yang berhubungan dengan penerbangan ke depannya memiliki prospek yang bagus. Mengapa, karena banyak peluang tenaga kerja yang ada di dunia penerbangan, terutama dari bidang engineer pesawat,”imbuh Ardik.(humas)

 

wpChatIcon
EnglishIndonesian