EEPIS Online– Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) terus meningkatkan prestasinya dalam berbagai bidang. Kali ini, mahasiswa PENS turut berpartisipasi dalam ajang Nasional yakni Future Leader Summit (FLS) 2017 yang telah pada (9-10/9). Bertempat di Semarang, kegiatan ini merupakan suatu ajang dimana para pemuda Indonesia mencurahkan berbagai ide kreatif  dan juga mewujudkannya.

Tidak semua pemuda Indonesia dapat mengikuti kegiatan FLS 2017 ini. Melainkan mereka harus mengikuti seleksi terlebih dahulu. Seleksi yang pertama adalah seleksi berkas dimana para peserta mengirimkan esai mengenai ide kreatifnya. Terdapat lebih dari 25.000 peserta yang berpartisipasi, namun hanya 240 delegate terpilih yang dapat mengikuti kegiatan ini. Empat mahasiswa PENS berhasil melewati seleksi dan turut berkreasi di Semarang, yakni Festy Filda dari jurusan Teknik Informatika, Muhammad Yusha Ainun jurusan Mekatronika, serta Diyan Purwati dan Muhammad Abdul Haq dari jurusan Teknik Komputer.

Berbagai kegiatan menarik dilakukan dalam FLS 2017 ini. Mulai dari welcoming session dimana para delegate dikumpulkan dan saling berkenalan. Dilanjutkan dengan idea summit dimana mereka harus mengumpulkan ide yang dimilikinya. Dalam kegiatan ini, mereka dibagi dalam beberapa kelompok dimana satu kelompok terdiri dari empat delegate. Kegiatan dilanjutkan dengan workshop dengan enam tema berbeda, setiap delegate bebas memilih ruang workshop mana yang ingin mereka masuki.

Terdapat hal menarik dalam FLS 2017 ini, dimana para delegate mengumpulkan souvenir khas daerah mereka. Souvenir tersebut dibagikan secara acak beserta kertas yang bertuliskan nama, nantinya para peserta diwajibkan mencari delegate lain dengan nama yang tertulis dikertas. Pada hari selanjutnya mereka mempresentasikan ide yang dimiliki mereka, begitu pula dengan mahasiswa PENS yang terbagi dalam tiga kelompok berbeda.

Dalam kegiatan ini, mahasiswa PENS menunjukkan kebolehannya. Diyan Purwanti berhasil masuk dalam nominasi delegate terbaik. Selain itu, Diyan dan juga Haq berhasil meraih best idea digrup 3. Begitu pula dengan Festy yang berada dalam grup 1 berhasil meraih best idea dan juara 3 Independent Millenial Challenge. “Kami berharap dalam FLS 2018 nanti lebih banyak delegate dari PENS, karena menurut kami kegiatan ini sangat bermanfaat dan banyak sekali hal baik yang kami dapatkan disini,” tutur mahasiswa yang kerap disapa Haq ini. (ani/meg)

wpChatIcon
EnglishIndonesian