Expo Image Processing: Ajang Unjuk Karya Mahasiswa


Diterbitkan 1 bulan 3 minggu yang lalu


Expo Image Processing: Ajang Unjuk Karya Mahasiswa
Photo By : ENT-Arjun

EEPIS Online – Rabu (21/6), Himpunan Mahasiswa Computer Engineering (HMCE) Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) menyelenggarakan kegiatan Expo Image Processing. Expo tersebut menampilkan karya mahasiswa yang merupakan proyek akhir semester dari mata kuliah Digital Image Processing. Kegiatan ini dihelat di dua tempat sekaligus yakni amphitheater dan lorong gedung Teknik Komputer.

Peserta dari pameran ini adalah mahasiswa Program Studi Teknik Komputer angkatan 2014. Mereka dibagi dalam kelompok yang terdiri dari satu hingga dua mahasiswa. Setiap kelompok menampilkan prototype dari karya yang diusungnya. Sejumlah 26 prototype baik yang berupa alat maupun software berhasil unjuk gigi dalam kegiatan ini.

Menariknya, berbagai karya yang ditampilkan dalam expo ini menggunakan teknologi yang diterapkan di bidang yang berbeda-beda. Mulai dari penerapan dalam bidang ekonomi, sosial bahkan juga transportasi, diantaranya Barcode Product Scanner dan Parking Space Detection. Ir. Dadet Pramadihanto, M.Eng, Ph.D selaku dosen pengampu mata kuliah Digital Image Processing menjelaskan bahwa project ini dapat memacu mahasiswa untuk terus berinovasi menciptakan perangkat yang mampu mengatasi masalah di masyarakat.

Expo yang berlangsung pukul 15.30-17.00 WIB ini mendapat tanggapan positif dari civitas akademika PENS. Tampak dari mahasiswa berbagai jurusan memenuhi stan-stan dari setiap kelompok. Kerap kali beberapa pertanyaan diutarakan pengunjung yang tertarik dengan produk yang dipamerkan.

Diharapkan kegiatan ini dapat menginspirasi pengunjung yang hadir untuk menciptakan inovasi-inovasi baru khususnya dalam image processing. Tidak hanya itu, peserta berharap agar produk yang diusung dapat dikembangkan lebih baik lagi. “Saya berharap alat saya dapat diterapkan di masyarakat secara luas dan dapat memberikan perubahan yang lebih baik dalam penerapan teknologi,” tutur Khusnul Danny Rahayu, mahasiswi kelas 3 D4 TK A. (mus/zya)





Komentar

    Nama
    Email
    Komentar

    7 + 0 =