EEPIS Online – Himpunan Mahasiswa Teknik Elektronika (HIMA ELKA) Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) kembali menyelenggarakan Java Robot Contest (JRC). Tahun 2017 ini merupakan kali ke delapan HIMA ELKA menyelenggarakan JRC. Terdapat serangkaian acara pada JRC 8 ini, yakni Technical Meeting, Workshop hinga Open Track yang telah diselenggarakan pada Maret lalu. Kini tengah berlangsung kegiatan puncak yakni kompetisi yang diselenggarakan selama dua hari, Sabtu dan Minggu (1-2/4).

Bertempat di Hall Gedung D4 PENS, kegiatan yang bertemakan Marine For Indonesia ini diikuti dengan antusias, baik oleh peserta maupun para penonton. Keantusiasan ini sudah nampak saat kegiatan ini resmi dibuka yaitu dengan membunyikan suara kapal oleh perwakilan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur tepat pukul 08.00 WIB. Pembukaan kegiatan lomba secara resmi ini disambut dengan tepuk tangan yang riuh oleh para penonton maupun peserta lomba yang memenuhi lantai dua dan tiga Gedung D4 PENS. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Tari PENS pun ikut memeriahkan acara pembukaan ini, yakni dengan menampilkan tari khas Jawa Timur, Tari Remo.

Terdapat empat divisi lomba pada JRC 8 ini. Sesuai dengan tema yang diusung yakni MARINE, divisi lomba yang diberikan pun berhubungan dengan laut. Yang pertama adalah Arafura Sea, divisi ini diikuti oleh siswa tingkat Sekolah Dasar (SD). Selanjutnya adalah Bunaken Island yang diikuti oleh siswa tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), Natuna Sea yang diikuti oleh siswa Sekolah Menengah Atas atau Kejuruan (SMA/SMK), dan yang terakhir adalah Benoa Harbour yang merupakan divisi untuk Mahasiswa.

Setiap divisi pada perlombaan ini memiliki misi yang berbeda, yang dianalogikan dengan kehidupan nyata pada daerah laut aslinya. Pada divisi Arafura Sea dianalogikan sebagai robot yang membantu nelayan dalam menangkap ikan. Bunaken Island dianalogikan sebagai robot pengantar bunga karang, Natuna Sea sebagai robot penembak kapal liar yang masuk ke perairan Indonesia tanpa ijin, hingga Benoa Harbour yang merupakan robot pemindah barang pada Pelabuhan. 

“Tema yang disusungkan pada JRC memang selalu bagus, dengan ini selain kami menanamkan pada siswa bagaimana cara berkompetisi yang baik dan menjadi sportif mereka secara tersirat juga dapat mengetahui nilai moral apa yang di dapatkan dari kompetisi ini berdasarkan tema yang dibuat,” tutur Anton Sudrianto, Pembina dari tim SD Islam Al-Azhar II Surabaya.

Dalam penutupan yang akan diselenggarakan pada 2 April 2017 ini, selain dilaksanakan pembagian hadiah, JRC juga mengundang beberapa bintang tamu. Bintang tamu tersebut adalah Mosfet dan Vose BandDiharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat menambah wawasan bagi para peserta yang berasal dari berbagai kalangan. Diharapkan pula dengan adanya kegiatan ini dapat semakin melekatkan nama PENS sebagai kampus robot, dan JRC dapat terus terselenggara tentunya dengan semakin baik dan meriah. (ani/zya)

wpChatIcon
EnglishIndonesian