Setelah West Lothian Collage mengunjungi kampus Politeknik Elektronika Negeri Surabaya pada bulan April lalu, kunjungan balasan dilakukan oleh pihak PENS ke Kanada pada bulan Agustus 2016 ini. Kunjungan ini bertujuan untuk menandatangani Memorendum of Understanding (MoU) antara kedua belah pihak.

Dilansir dari situs West Lothian Collage, MoU yang dilakukan meliputi kerjasama internasional, magang, serta pengembangan Science Technology, Engineering and Math (STEM). Diharapkan juga akan ada kesempatan untuk melakukan pertukaran pelajar serta riset bersama antara kedua institusi.

Mhairi Harrington, kepala dari West Lothian Collage mengatakan, "Kami bangga bisa bekerjasama dengan PENS karena terdapat banyak kesamaan dengan kita. Kami berharap bahwa kerjasama ini dapat membawa dampak yang baik dalam penempatan kerja, riset serta inovasi untuk mendukung dunia bisnis,". "Kami juga kagum dengan program-program PENS yang telah didesain untuk menyesuaikan dengan kebutuhan industri," tambahnya.

Di sisi lain, Dr. Zainal Arief sebagai Direktur PENS menanggapi dengan positif. "Kami pikir diskusi tadi berjalan dengan baik. Kami juga berterima kasih atas keramahtamahan pihak West Lothian Collage," ujarnya.

Pihak lain di West Lothian Collage juga menanggapi kerjasama ini dengan optimis. "Foundation Skills Partnership antara West Lothian Collage dan PENS ini merupakan kesempatan bagus untuk berkolaborasi di banyak hal. Sudah menjadi hal yang umum bahwa banyak tantangan antara pihak kampus, mahasiswa dan perusahaan dalam menyediakan lapangan pekerjaan lintas negara", ujar Danial Evans, Kepala dari Commercial and Enterprise Center.

"Kami juga berterima kasih untuk British Council yang telah memberikan kesempatan berharga ini. Hal ini akan digunakan sebagai bahan peningkatan keterampilan murid baik di Inggris dan Skotlandia, menanggapi masukan-masukan dari pihak industri", tambahnya.

wpChatIcon
EnglishIndonesian