Teknik identifikasi konvensional untuk mengenali identitas seseorang dengan menggunakan kartu identitas tidak cukup handal, karena sistem keamanan dapat ditembus ketika kartu identitas tersebut hilang dan digunakan oleh pengguna yang tidak berwenang.
Pada proyek akhir ini, dibuat sistem penyimpanan dan pengambilan barang titipan berdasarkan identifikasi pola tanda tangan. Metode pengenalan pola tanda tangan yang digunakan adalah Principal Components Analysis (PCA). Sedangkan Bootstrap Resampling (bootstraping) digunakan sebagai metode sampling data sebelum dilakukannya proses PCA. Matriks transformasi hasil proses PCA akan dikirimkan ke AVR sebagai matriks referensi pola tanda tangan user. Matriks ini kemudian akan diverifikasi pada saat proses pengambilan barang titipan.
Tingkat pengenalan tanda tangan metode PCA (pada percobaan software) sebesar 85,71% dan membutuhkan waktu rata-rata 0,594 detik untuk mengidentifikasi tanda tangan. Sedangkan tingkat keberhasilan sistem secara keseluruhan, yaitu sistem setelah dilakukan integrasi antara software dan hardware adalah sebesar 91,67% dengan kecepatan proses rata-rata sebesar 0,957 detik.

Kata kunci : Pengenalan Tanda Tangan,
Bootstrap Resampling, PCA

wpChatIcon
EnglishIndonesian