SARJANA TERAPAN TEKNIK ELEKTRONIKA

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya didirikan pada tahun 1988, semula bernama Politeknik Elektronika dan Telekomunikasi dengan dua program pendidikan Diploma III yaitu jurusan Teknik Elektronika dan jurusan Teknik Telekomunikasi. Kemudian pada tahun 1992, namanya berubah menjadi Politeknik Elektronika Surabaya, dan berubah lagi menjadi Politeknik Elektronika Negeri Surabaya seperti sekarang ini sejak tahun 1996.Pada awal pendiriannya Jurusan Teknik Elektronika mencakup semua kompetensi bidang elektronika yang berupa penguasaan rekayasa elektronika, kontrol dan otomatisasi industri, bidang mekanik-robotika dan juga penguasaan keahlian power elektronik. Untuk meningkatkan profesionalitas, pada tahun 1992 jurusan Elektronika membentuk sebuah program studi Diploma III Teknik Listrik untuk mewadahi kualifikasi dan kompetensi power elektronik. Program studi baru ini memisahkan diri dari jurusan Elektronika dan membentuk jurusan baru Teknik Listrik pada tahun 1997.

Pada tahun 2004 Politeknik Elektronika Negeri Surabaya mendapatkan hibah dari pemerintah Jepang melalui lembaga Japan International Cooperation Agency (JICA) untuk menyelenggarakan program pendidikan Diploma IV. Maka berdirilah program studi Diploma IV Teknik Elektronika bersama dengan program – program studi Teknik Telekomunikasi, Teknik Listrik dan Teknik Informatika.Kemudian pada tahun 2006, jurusan Teknik Elektronika terbagi lagi dengan berdirinya program studi baru Teknik Mekatronika Diploma IV untuk mewadahi kualifikasi dan kompetensi di bidang mekanika-robotika.

Dan sekarang ini jurusan Teknik Elektronika terdiri atas Program Studi Diploma III Teknik Elektronika (masa studi 6 semester), Program Studi Diploma IV Teknik Elektronika (masa studi 8 semester) dan Program Studi Diploma IV Lanjut Jenjang Teknik Elektronika (masa studi 3 semester).

Ketiga Program studi ini menitikberatkan pada mutu lulusan yang kompeten dan memiliki kualifikasi di bidang rekayasa Elektronika dengan perbedaan pada taraf kemampuan analisa dan penyelesaian permasalahan yang lebih tinggi pada program Diploma IV dibandingkan Diploma III.

VISI

Menjadi pusat unggulan pendidikan teknologi rekayasa di bidang emerging technology yang menghasilkan lulusan yang berkualitas dan profesional dengan konsentrasi di bidang instrumentasi elektronika, elektronika industri, sistem kontrol, jaringan sensor, VLSI dan perancangan logika, baik secara nasional maupun internasional.

MISI:

Dengan selalu berpijak kepada kepentingan nasional, Prodi DIV Teknik Elektronika menyelenggarakan proses pendidikan untuk menjadi pusat penghasil tenaga profesional di bidang teknologi dengan kemampuan khusus di bidang instrumentasi elektronika, elektronika industri dan sistem otomasi industri.

Dengan selalu mengedepankan wawasan global/internasional dan berpikir positif demi kemajuan teknologi nasional, Prodi DIV Teknik Elektronika aktif dalam mengkaji dan mengembangkan sistem pendidikan di bidang kerekayasaan elektronika dalam rangka pengembangan sistem pendidikan politeknik di Indonesia.

Prodi DIV Teknik Elektronika secara aktif menyelenggarakan penelitian, implementasi teknologi di bidang kerekayasaan elektronika, serta pengabdian pada masyarakat, untuk peningkatkan kualitas hidup manusia.

Prodi DIV Teknik Elektronika berperan aktif dalam mengembangkan dan mengimplementasikan nilai-nilai etika dan moral akademik.

KURIKULUM:

© 2018 Politeknik Elektronika Negeri Surabaya