Surabaya, pens.ac.id – Teknologi Rekayasa Multimedia (TRM) Expo 2024 usai digelar dengan meriah pada Sabtu (27/1), di Mini Teather Lt. 6 Gedung Pascasarjana Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) serta disiarkan secara langsung pada akun YouTube TRM PENS. Sesuai dengan temanya, yakni “Future Creation (Fution)”, Program Studi Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Multimedia tersebut memamerkan kreasi inovatif mahasiswanya melalui karya-karya menarik di delapan booth. Pengenalan program studi yang baru tiga tahun berdiri ini berhasil menarik antusias lebih dari 132 siswa SMA/K se-Jawa Timur untuk hadir dan merasakan langsung keseruan teknologi imersif.

Menjadi kegiatan yang selalu dinantikan setiap tahunnya, TRM Expo kali ini turut dihadiri oleh Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan dan Sumber Daya Manusia, Kepala Departemen Teknologi Multimedia Kreatif, Kepala Program Studi TRM, serta beberapa dosen TRM. Tepat pukul 09.25 WIB, serangkaian kegiatan dimulai dengan sambutan dari Rajanuar Oky Giono sebagai ketua pelaksana dan dilanjutkan dengan tiga sambutan berturut-turut, yakni oleh Dr. Ing. Hestiasari Rante, S.T., M.Sc. selaku Ketua Program Studi TRM, Kholid Fathoni, S.Kom., M.T. selaku Kepala Departemen Teknologi Multimedia Kreatif, serta Dr. Tri Budi Santoso, S.T., M.T. sebagai Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan dan Sumber Daya Manusia. Dalam keempat sambutan tersebut, dijelaskan bahwa TRM Expo 2024 berhasil menarik antusias tinggi para peserta yang telah terseleksi dari sekitar 150 pendaftar sebelumnya. Bukan hal yang mengejutkan, pasalnya program studi pertama dan satu-satunya di Jawa Timur tersebut menampilkan booth pameran karya imersif yang lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya, mulai dari Virtual Reality (VR), Augmented Reality (AR), Internet of Things (IoT), website, audio composer, pusat karya, game visual novel, hingga video mapping sebagai spot foto estetik.

Lebih dari sekadar pameran, TRM Expo 2024 turut memberikan pengetahuan dan pemahaman akan program studi yang masih baru di Indonesia ini melalui Demonstrasi VR serta pemaparan materi yang disampaikan langsung oleh Dosen TRM, yakni Ashafidz Fauzan Dianta S.ST., M.T. Apresiasi tinggi terhadap mahasiswa TRM angkatan 2022-2023 juga disampaikan oleh Kepala Program Studi TRM atas keberhasilan mereka menyelenggarakan pameran kedua untuk program studi sekaligus menggaet perhatian 34 sekolah SMA/K Jawa Timur untuk hadir. “Tentu saja saya senang karena proses persiapan TRM Expo yang akhirnya terealisasi ini melalui proses yang cukup panjang, mulai dari mematangkan konsep acara sampai mengurus sejumlah hal terkait administrasi. Selain itu, berlangsungnya expo tahun ini murni hasil kerja keras dari mahasiswa TRM angkatan 2022-2023, jadi pastinya saya bangga,” tutur Dr. Ing. Hestiasari Rante, S.T., M.Sc.

Perhelatan pameran oleh Program Studi TRM menjadi salah satu bukti bahwa teknologi imersif yang masih jarang saat ini akan menjadi hal yang sangat bermakna dan dibutuhkan di masa depan. Lebih lanjut, Ketua Program Studi TRM yang kerap disapa Ibu Hesti tersebut memberikan harapannya untuk keberlangsungan program studi yang saat ini tengah dibinanya, “Karena TRM ini merupakan program studi yang mengusung teknologi imersif dan membantu banyak persoalan di berbagai bidang, saya yakin TRM dapat menjawab kebutuhan masyarakat dan industri di masa yang akan datang. Saya berharap TRM bisa terus berkembang dan menghasilkan banyak lulusan hebat guna membantu menyelesaikan persoalan di tengah masyarakat.” (ath/run)

wpChatIcon
EnglishIndonesian