Manado, pens.ac.id – Forum Komunikasi Senat Politeknik Se-Indonesia (FKSPI) melaksanakan Workshop Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi Vokasi (PTV) melalui Penguatan Peran Senat di Manado pada, Kamis (25/01). Kegiatan ini dihadiri sejumlah 50 peserta, terdiri dari para Ketua dan Sekretaris Senat dari 41 Politeknik dan Akademi Komunitas Negeri se-Indonesia. Melalui kegiatan ini, para peserta workshop saling berbagi/ sharing informasi dan berdiskusi dalam rangka menguatkan peran Senat untuk meningkatkan mutu pendidikan tinggi vokasi.

Dalam sambutannya pada pembukaan workshop, Ketua FKSPI Dr. Firman Arifin, S.T., M.T, yang juga merupakan Ketua Senat Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), kembali mengingatkan pentingnya sinergitas antara Direktur dengan Senat Politeknik. Keduanya diibaratkan sebagai suami dan istri dalam sebuah keluarga, yang perlu dijaga harmonisasi hubungannya. “Direktur yang berperan sebagai suami dan Senat sebagai istri harus saling mengawal dan bekerja sama agar kehidupan rumah tangga dapat berjalan secara harmonis. Demikian pula hubungan yang harmonis ini secara konkrit terlihat dari hubungan yang harmonis antara Direktur Politeknik Negeri Manado, Bapak Mareyke Alelo, M.B.A. dengan Ketua Senatnya Bapak Ir. Rudolf E.G Mait, S.T., M.T., IPM, “kata Firman.

Dalam sambutanya Direktur POLIMDO menyampaikan beberapa contoh praktik terbaik/ best practice betapa peran Senat sangat penting dalam menjaga stabilitas kehidupan kampus sehingga program-program kerja institusi dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. ”Melalui FKSPI dapat menyuarakan dan memperjuangkan secara politis agar Pendidikan Tinggi Vokasi mendapatkan kesetaraan hak dan kewajiban dengan Perguruan Tinggi Akademik, serta dapat diterima oleh masyarakat sebagai pilihan pertama,” harap Mareyke Alelo, M.B.A.

Di hari kedua pelaksanaan workshop, para peserta mendapat penjelasan yang sangat komprehensif dari narasumber Biro Hukum Kemendikbudristek mengenai Peraturan Mendikbudristek No. 53 tahun 2023 tentang Penyelenggaraan Perguruan Tinggi. Lebih lanjut, dijelaskan pula peran penting Senat dalam tindak lanjut implementasi Permendikbudristek tersebut nantinya di tingkat institusi masing-masing.

Pada kesempatan lain, Ketua Senat POLIMDO juga mengajak para peserta melihat pelaksanaan program Teaching Factory (TEFA) mahasiswa Prodi Pariwisata, yang menyajikan beragam produk khas Manado. Para mahasiswa ini memberikan pelayanan dengan penuh kesabaran dan keramahan di Kafe POLIMDO. Tak hanya itu, peserta workshop juga diajak menikmati beragam pesona local wisdom dan keindahan panorama Manado.

wpChatIcon
EnglishIndonesian