Surabaya, pens.ac.id – Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2024 telah resmi dibuka Jumat (8/12) melalui acara Konferensi Pers Peluncuran Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru yang diselenggarakan secara hybid. Dalam keterangan yang disampaikan pada Siaran Pers, Prof. Genefri, Ketua Umum Tim Penanggung Jawab Panitia SNPMB 2024 menegaskan jika semangat pelaksanaan SNPMB 2024 adalah akuntabilitas, transparansi, dan berkeadilan. Sehingga terdapat sejumlah perubahan pada mekanisme SNPMB 2024 agar peserta didik dapat lebih memfokuskan diri terhadap pilihan yang diambilnya, melalui pengenalan bakat, minat, aspirasi karir serta bertanggung jawab terhadap pilihan tersebut.

Sebagaimana tahun 2023, siswa yang telah dinyatakan lulus seleksi Jalur SNBP 2024, SNBP 2023 dan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 tidak dapat mendaftar UTBK-SNBT 2024. Dan selanjutnya, pada tahun ini, siswa yang dinyatakan lulus seleksi Jalur SNBP 2024 juga tidak dapat mendaftar seleksi Jalur Mandiri di PTN manapun. Ketentuan tambahan yang mulai diberlakukan pada tahun 2024 yaitu bagi peserta yang dinyatakan lulus melalui jalur SNBT 2024 dan telah daftar ulang di PTN yang dituju tidak dapat diterima pada seleksi Jalur Mandiri 2024 di PTN manapun. Hal ini bertujuan agar kuota di tiap jalur seleksi dapat terpenuhi secara optimal. Selain itu, juga terdapat perbedaan untuk ketentuan pemilihan program studi pada Jalur SNBT Tahun 2024. Peserta Jalur SNBT diperbolehkan memilih maksimal 4 (empat) program studi yang terdiri dari 2 (dua) pilihan Program Akademik (Sarjana) dan 2 (dua) pilihan Program Vokasi (Diploma Tiga dan Diploma Empat/Sarjana Terapan).

Peserta disarankan mengunjungi laman: http://www.snpmb.bppp.kemdikbud.go.id. Layanan Call Center pada nomor 0804 1 450 450 dan Help Desk melalui https://halo-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id. Akun media sosial SNPMB dapat dilihat pada IG: @_snpmbbppp, Twiter/X: @snpmb_bppp, Tiktok: @snpmb_bppp, atau Facebook dan Youtube: SNPMB BPPP, untuk memperoleh informasi resmi mengenai SNPMB 2024. Sementara bagi pendaftar SNPMB Tahun 2024 dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan skema Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah). Informasi detail KIP Kuliah di Kemendikbudristek di https://puslapdik.kemdikbud.go.id dan informasi detail KIP Kuliah di Kemenag di https://kip-kuliah.kemenag.go.id.

Direktur  Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) sekaligus Wakil Ketua IV Tim Penanggung Jawab SNPMB, Aliridho Barakbah, yang dihubungi selepas peluncuran SNPMB 2024, menyampaikan jika Politeknik siap mendukung pelaksanaan SNPMB 2024. Beliau pun mengingatkan agar peserta lebih selektif memilih program studi yang sesuai dengan passion bukan karena ikut-ikutan. “Harus paham betul proses pembelajaran, kurikulum dan bahkan kompetensi serta serapan alumninya setelah lulus, agar tidak salah pilih. Karena jika sudah diterima otomatis harus dijalani sesuai dengan pilihannya saat mendaftar,”tegas Aliridho yang akan menambah kuota jumlah mahasiswa yang akan diterima di PENS dalam seleksi tahun ini.

wpChatIcon
EnglishIndonesian