Surabaya, pens.ac.id – Kamis (10/11), Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) usai menyelenggarakan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Nasional 2022. Upacara bertempat di Lapangan Merah Gedung D3 PENS, dengan dihadiri oleh jajaran direksi, para dosen, dan staf PENS. Dengan mengusung tema “Pahlawanku Teladanku”, upacara bendera tersebut bertujuan untuk mengenang dan menghormati perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia.

Upacara bendera dimulai pada pukul 07.00 WIB, setelah persiapan barisan oleh masing-masing pemimpin barisan serta pemimpin dan pembina upacara memasuki lapangan upacara. Wakil Direktur Bidang Umum dan Keuangan, yakni Tri Harsono, S.Si., M.Kom., Ph.D. bertindak sebagai pembina upacara pada Peringatan Hari Pahlawan Nasional tahun ini. Upacara dilanjutkan dengan pengibaran bendera Merah Putih yang diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Paduan Suara Mahasiswa (PSM). Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan mengheningkan cipta, pembacaan Pancasila oleh pembina upacara dan pembacaan Pembukaan Undang-Undang Dasar Tahun 1945.

Dalam upacara ini, pembina upacara membacakan pesan-pesan pahlawan serta amanat dari Menteri Sosial Republik Indonesia, yakni Dr. (H.C.) Ir. Tri Rismaharini, M.T. Dalam amanatnya, Tri Rismaharini menjelaskan makna dari tema “Pahlawanku, Teladanku” diharapkan mampu menjadi semangat di Peringatan Hari Pahlawan tahun ini. Tri Rismaharini berpesan dengan adanya momentum ini dapat memberikan energi tambahan untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, saling menghargai satu sama lain serta menjadikan semangat dan nilai–nilai Kepahlawanan sebagai inspirasi dalam setiap langkah hidup dan kehidupan bersama.

Rahadika Peprian Utomo, mahasiswa Sarjana Terapan Teknik Elektronika PENS yang bertugas sebagai salah satu pengibar bendera menyampaikan bahwa sebagai mahasiswa, penting untuk senantiasa mengingat perjuangan pahlawan sebagai panutan dan teladan dalam kehidupan sehari-hari. “Kita sebagai penggerak dan poros negara di masa depan harus berjuang demi kemajuan bangsa. Karena suatu saat nanti kitalah yang akan menurunkan semangat perjuangan itu ke generasi-generasi berikutnya untuk membangun masa depan bangsa,” ujarnya. Berlangsung selama kurang lebih satu jam, upacara bendera Peringatan Hari Pahlawan Nasional 2022 ini berjalan dengan khidmat. Acara ditutup dengan pembacaan do’a dan dilanjutkan dengan pembubaran peserta upacara oleh pemimpin upacara dan pemimpin barisan.  (ina/ten)

wpChatIcon
EnglishIndonesian