Lamongan, pens.ac.id – Departemen Teknologi Multimedia Kreatif (DTMK) Politenik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lamongan (Disparbud Kab. Lamongan) usai menyelenggarakan Pengabdian Masyarakat (Pengmas) pada Rabu (19/10). Kegiatan ini merupakan inisiasi awal PENS untuk memberikan produk inovasi kepada masyarakat luas melalui Video Cinematic Sebagai Media Promosi untuk Daerah Wisata pada Kab. Lamongan. Serangkaian kegiatan yang bertempat di Disparbud Kab. Lamongan ini dihadiri oleh Kholid Fathoni, S.Kom., M.T., selaku Kepala Departemen Teknologi Multimedia Kreatif (Kadep DTMK), Dr. Muhammad Agus Zainudin, S.T., M.T. selaku Ketua Program Studi (Kaprodi) D3 Teknologi Multimedia Broadcasting, Darmawan Aditama, S.Kom., M.T. yang merupakan Kaprodi PENS PSDKU Lamongan serta perwakilan dosen dan mahasiswa PENS. Terdapat pula kegiatan penandatanganan berita acara serah terima berupa video cinematic Pantai Joko Mursodo antara PENS dan Disparbud Kab. Lamongan sebagai bentuk promosi pengenalan destinasi wisata setempat.

Sebagai perguruan tinggi, PENS terus mengembangkan inovasi dalam berbagai bidang sekaligus mendidik mahasiswa agar terampil dalam berkarya. Tidak hanya mendidik, PENS melalui program pengabdian masyarakat kali ini membuktikan adanya kontribusi nyata bagi masyarakat. Di sisi lain, Disparbud Kab. Lamongan juga membutuhkan sinergi dari perguruan tinggi khususnya PENS untuk dapat mengenalkan keeksotisan wisata yang ada di Lamongan.

PENS menciptakan produk berupa video cinematic yang menonjolkan keindahan dari Pantai Joko Mursodo, salah satu objek wisata unggulan Lamongan. Dengan adanya pengmas kali ini, Kadep DTMK berharap nantinya dapat merambah ke sub sektor lain dalam bidang industri kreatif. “Semoga nantinya bisa lebih intens dan kerjasama ini lebih bermanfaat bagi bidang lainnya seperti penelitian, pendidikan, maupun masyarakat, karena masih banyak sub sektor di bidang industri kreatif yang belum kita garap,” ujar Kholid Fathoni.

Siti Rubika, S.E., M.Bi. selaku Kepala Disparbud Kab. Lamongan menuturkan kegiatan pengabdian masyarakat ini sungguh berkesan karena bisa mengenalkan tempat wisata setempat. Kedepannya, masih banyak lagi yang bisa diexplore terkait daerah wisata lainnya yang ada di Kota Megilan tersebut. Selain itu, mahasiswa PENS yang menyaksikan penayangan video saat kegiatan juga merasakan hal yang sama. “Video tadi sangat menarik, saya jadi tertarik mengunjungi pantai tersebut karena melihat keindahan melalui videonya,” ujar Dwi Yanti Mahasiswa D3 MMB PSDKU Lamongan. (irf/ten)

wpChatIcon
EnglishIndonesian