Surabaya, pens.ac.id – Kenalkan game developer dan pererat silahturahmi antar mahasiswa, Game Jam Internal Season 10 usai dihelat oleh Program Studi Sarjana Terapan Teknologi Game PENS. Setelah selama kurun waktu dua tahun diselenggarakan secara daring akibat adanya pandemi, kegiatan yang berlangsung selama tiga hari (26-28/8) ini kembali dilaksanakan di Ruang Laboratorium Studio Game lantai 3 Gedung D3 PENS secara perdana. Kegiatan tersebut diikuti oleh mahasiswa angkatan prodi Game Technology (GT) mulai dari tahun angkatan 2022 hingga alumni.

Dalam kegiatan Game Jam, mahasiswa prodi GT diminta untuk menciptakan sebuah game berdasarkan tema diberikan selama 48 jam atau dua hari. Pembuatan game dilakukan secara berkelompok sesuai dengan peran yang ada di developer game atau pengembang permainan, seperti programmer, game designer, artist, dan sound engineer. Adapun lima tema yang dapat dipilih oleh para peserta diantaranya Hack and Slash, Cyberpunk, Culture, Gravity, dan Pentol Air Fryer.

Serangkaian kegiatan Game Jam terbagi menjadi tiga hari yakni pembukaan pada hari pertama, presentasi progress di hari kedua, dan demonstrasi hasil akhir pada hari ketiga. Para peserta tampak antusias selama kegiatan Game Jam ini berlangsung, ditandai dengan adanya berbagai pertanyaan dan pemberian saran dan kritik saat sesi pemaparan tim. Kholid Fathoni, S.Kom., MT. selaku Kepala Departemen Teknologi Multimedia Kreatif (DTMK) dan Mohamad Safrodin, B.Sc., MT. selaku dosen GT turut hadir dan memberikan kata sambutan pada hari pertama dan terakhir kegiatan.

Guna mengapresiasi karya-karya para peserta, terdapat pemberian penghargaan yang terdiri dari Best Team, Best Art, Best Design, dan Most Interesting. Atqa Munzir selaku Ketua Pelaksana Game Jam Internal 2022 ini berharap dengan adanya kegiatan tersebut dapat menjadi gerbang kolaborasi tiap angkatan dan alumni. “Dengan Game Jam itu kita bisa mengawali percakapan dari brainstorming ide, yang kemudian bisa berlanjut ke topik-topik lain,” ungkap Atqa, mahasiswa GT tahun angkatan 2021. (ten)

wpChatIcon
EnglishIndonesian