Lamongan, pens.ac.id – Sebagai salah satu bentuk pengabdian terhadap masyarakat, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) Lamongan melaksanakan Sosialisasi Media Pembelajaran Permainan Edukasi Dual Bahasa Berbasis Game 2 Dimensi tentang Tanaman Obat Keluarga. Jumat (27/05). Dilaksanakan di SDN 3 Made Lamongan, acara tersebut dihadiri 30 siswa siswi kelas 5 dan 6 SDN 3 Made Lamongan, guru, Kepala Sekolah dan beberapa dosen dan Mahasiswa PENS PSDKU Lamongan. Sosialisasi tersebut bertujuan untuk memberikan informasi mengenai jenis dan manfaat TOGA yang dikemas dalam bentuk game dua dimensi.

SDN 3 Made Lamongan dipilih sebagai tempat pelaksanaan kegiatan karena SDN 3 Made Lamongan merupakan sekolah adiwiyata mandiri tingkat nasional di Lamongan yang memiliki ikon kencur, jahe dan daun kelor yang cocok dengan target pelaksanaan pengabdian masyarakat PENS PSDKU Lamongan. Kegiatan ini diawali dengan penyerahan vandel oleh Fardani Annisa Damastuti, S.ST., M.T. selaku Ketua Pengabdian Masyarakat PENS PSDKU Lamongan tahun 2022 kepada Perwakilan SDN 3 Made Lamongan.

Sosialisasi media pembelajaran permainan edukasi dual bahasa 2D tentang tanaman obat keluarga dan pemaparan materi tentang TOGA oleh Nur Syaela Majid selaku pemateri. Kegiatan selanjutnya belajar sambil bermain dengan aplikasi Game Edukasi TOGA. Syela menyampaikan, dalam aplikasi tersebut pengguna dapat belajar sambil bermain tentang tanaman obat keluarga dalam dua bahasa yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Dengan Game Edukasi TOGA pengguna akan menemukan informasi tentang manfaat tanaman obat keluarga yang belum mereka ketahui. Aplikasi tersebut disajikan dalam bentuk 2D dengan ilustrasi yang ramah anak.

Sosialiasi TOGA ditutup dengan pemberian hadiah berupa satu set alat tulis bagi seluruh siswa peserta sosialisasi. Fahrul salah satu siswa kelas 6 SDN 3 Made Lamongan menyatakan bahwa bermain game edukasi sangat menyenangkan dan belum pernah mereka mainkan sebelumnya. Selain itu, Ibu Khoirun Niswatin S.Pd., M.Pd., Kepala Sekolah SDN 3 Lamongan menyampaikan “Kegiatan sosialisasi yang diadakan kemarin belum pernah dilaksakan sebelumnya, sehingga menambah banyak pengalaman serta ilmu untuk peserta didik kami kelas 5 dan 6 dalam mengenal tanaman obat keluarga”. Wanita yang akrab dipanggil Bu Nis berharap, kegiatan pengabdian masyarakat dapat membawa manfaat bagi siswa siswi serta mahasiswa PENS Lamongan dan semoga kedepannya akan ada acara sosialisasi yang diadakan di SDN 3 Made Lamongan lagi. (Hum)

wpChatIcon
EnglishIndonesian