Surabaya, pens.ac.id – Bertempat di Ruang Cafetaria Lantai 5 Gedung Pascasarjana Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), acara Pelepasan Kontingen Kompetisi Mahasiswa Bidang Informatika Politeknik Nasional (KMIPN) IV usai diselenggarakan pada Jumat (29/7). Turut dihadiri dan melepas kontingen, Ali Ridho Barakbah, S.Kom., Ph.D selaku Direktur PENS, Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan dan Sumber Daya Manusia yakni Dr. Tri Budi Santoso, S.T., M.T. serta beberapa dosen pendamping dan pembimbing. Pada kesempatan ini, terdapat sembilan tim yang akan melaju pada babak final KMIPN di Politeknik Negeri Batam (POLIBATAM) selama empat hari yang terhitung sejak Senin (1-4/8).

Tim yang berhasil lolos ke tahap final ini terdiri dari lima cabang kategori lomba diantaranya Tim Maca Santara dari divisi Cipta Inovasi di Bidang TIK, dan Tim N1MDA yang mengikuti kategori Keamanan Siber. Adapun Tim SMOX dan Gefosa yang lolos di bidang Internet of Things (IoT) serta tim Hurricane, Dream Time dan Boku no Fanya dalam kategori Pengembangan Aplikasi Permainan. Selain itu, Tim IAM dan Tim Work Solution berhasil lolos pada bidang E-Goverment. Seluruh tim telah melakukan persiapan selama lima bulan, mulai dari persiapan proposal hingga latihan presentasi untuk babak final.

Acara Pelepasan Kontingen KMIPN ini diawali dengan pemberian arahan oleh dosen pembimbing. Dimulai dari pemberian informasi keberangkatan hingga hal-hal yang perlu dipersiapkan. Tidak hanya itu, guna lebih mengenal seluruh anggota tim finalis turut diadakan pula games kecil dan peserta tampak antusias mengikutinya.

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Direktur dan Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan dan Sumber Daya Manusia PENS berupa ungkapan terimakasih dan berharap para delegasi PENS dapat berjuang secara maksimal untuk membawa nama institusi. Meski merasa yakin dengan kemampuan para kontingen, Ali Ridho Barakbah pun tidak lupa mengingatkan bahwa tidak boleh meremehkan peserta ajang KMIPN lainnya karena gelar Juara Umum yang diraih oleh PENS berturut-turut. “Justru gelar tersebut bisa menjadi pemacu dan pemicu kalian untuk menjadi lebih baik. Mudah-mudahan kalian bisa sukses dan berikan yang terbaik di acara KMIPN nanti,” pungkasnya. (ten)

wpChatIcon
EnglishIndonesian