Surabaya, pens.ac.id – Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar (LKMM-TD) Kampus PSDKU Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), sukses dilaksanakan pada Sabtu dan Minggu (5-6/2). Kegiatan yang merupakan lanjutan dari LKMM Pra-TD ini, bertujuan untuk membekali sekaligus mendorong mahasiswa untuk aktif tergabung dalam suatu kepanitiaan ataupun organisasi. Walaupun dilaksanakan secara daring melalui Zoom Video Conference, koordinasi antara fasilitator, pemateri, dan mahasiswa tetap berjalan dengan baik.

LKMM TD kali ini diikuti secara bersamaan dalam satu forum oleh seluruh mahasiswa kampus PSDKU PENS Sumenep dan Lamongan. Kegiatan diawali dengan Technical Meeting (TM) yang diadakan pada malam hari sebelum kegiatan dilaksanakan keesokan paginya untuk memberikan arahan kepada peserta mengenai penugasan awal dan tata tertib selama LKMM-TD berlangsung.

Pada hari pelaksanaan, kegiatan dimulai pada pukul 06.00 WIB dan diawali oleh pembukaan Master of Ceremony (MC). Para mahasiswa diberikan materi mengenai manajemen kegiatan seperti Analisa Kondisi Lingkungan, Perumusan Masalah Awal, Tolok Ukur Keberhasilan hingga Standar Administrasi Umum guna menunjang pembekalan mahasiswa untuk berperan aktif dalam suatu kegiatan. Walaupun koordinasi antar mahasiswa dan pemateri terbilang sulit karena kegiatan dilaksanakan secara daring, tetapi mahasiswa tetap semangat dan berdiskusi aktif pada forum. “Pada saat LKMM-TD kemarin teman-teman mahasiswa mengikuti secara aktif dan tidak malu untuk berpendapat di depan banyak orang,” ungkap Kholidatul Afifah peserta LKMM-TD PSDKU Program Studi Multimedia Broadcasting (MMB).

Selain memberi ilmu, kegiatan ini juga dapat memotivasi mahasiswa secara positif untuk berani melakukan public speaking dan berkoordinasi dalam suatu tim. Diharapkan, kegiatan ini dapat menjadi wadah inspirasi dan menerapkan ilmu-ilmu yang didapat selama LKMM-TD. “Harapannya kita dapat menjalankan hal-hal positif yang dibagikan saat kegiatan berlangsung,” pungkas Kholidatul. (her/irf)

wpChatIcon
EnglishIndonesian