Surabaya, pens.ac.id –  Pekan ini, seluruh mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) tengah melaksanakan Ujian Tengah Semester (UTS) Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019. Dilaksanakan sejak Senin (15/10), UTS akan berlangsung hingga Jumat (19/10) esok. Adapun pelaksanaan UTS tersebut menempati beberapa kelas mulai dari Gedung D3, Gedung D4, sampai Gedung Pascasarjana PENS.

UTS sendiri merupakan salah satu kegiatan evaluasi hasil belajar mahasiswa. Evaluasi ini adalah pemberian penilaian terhadap kemam­puan mahasiswa dalam menerima, memahami, dan menguasai bahan studi sesuai dengan kurikulum yang telah ditetapkan. Dilaksanakan setiap pertengahan semester, persiapan para mahasiswa sudah terlihat sejak satu minggu sebelum ujian. Beragam kegiatan pun telah dilakukan, mulai dari belajar bersama hingga sharing dengan mahasiswa tingkat atas yang sejurusan. 

Dalam pelaksanaan ujian, para mahasiswa mengerjakan secara individu. Hal tersebut merupakan bentuk penanaman nilai kejujuran yang diterapkan kampus PENS. Menjadi momentum perdana bagi mahasiswa baru PENS 2018, adanya kegiatan UTS ini memberikan pandangan tersendiri mengenai pelaksanaan UTS di Kampus PENS. “UTS kali ini adalah UTS perdana saya sebagai mahasiswa baru PENS 2018. Saya merasa ini sebagai pengalaman yang berbeda dan mengesankan bagi saya, karena disini kejujuran mahasiswa sangatlah diutamakan,” ujar Reza Fitra Kharisma mahasiswa baru PENS 2018.

Diharapkan dengan adanya UTS ini dapat tertanam nilai kejujuran kepada mahasiswa serta dapat meningkatkan nilai kompetitif mahasiswa khususnya dalam bidang akademik. “UTS ini untuk mengukur sejauh mana materi yang telah diperoleh mahasiswa dan juga mengukur sejauh mana kepahafaman mahasiswa. Harapannya dengan dilaksanakannya UTS ini dapat mengetahui sejauh mana mahasiswa telah menguasai materi yang telah disampaikan oleh para Dosen,” ujar Imamul Arifin, Lc., MHI. (msa/dya)