EEPIS-Online (13/1), Berdasarkan kesepakatan yang telah di hasilkan pada Forum Direktur Politeknik Negeri se-Indonesia (FDPNI) yang lalu. Di tahun 2014 akan dilaksanakan pola Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri (PMDK- PN) secara bersama.

Sistem baru ini dilakukan bersama oleh 38 Politeknik Negeri di Indonesia. Diperuntukkan bagi alumni SMA/SMK yang akan melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi khususya dibidang vokasi (politeknik negeri) di seluruh Indonesia. Kemudahan akan dirasakan para peserta pendaftar, pasalnya dengan sistem ini peserta bisa memilih beberapa politeknik-politeknik yang tersebar di seluruh indonesia dalam sekali mendaftar.

Tidak hanya itu saja, peserta juga tidak akan di bebankan biaya dalam pendaftaran. PMDK-PN ini tidak hanya memberikan kesempatan bagi peserta yang berprestasi, namun juga peserta yang berasal dari keluarga ekonomi lemah dan memiliki prestasi, dapat bergabung dalam program beasiswa Bidikmisi.

Dibalik sistem yang telah sampai pada tahap soft launching ini, PENS patut berbagangga. Pasalnya PENS dipercaya untuk menjadi tim pusat dalam pemangunan sistem ini. Mulai dari penyedia layanan (host), pembuat aplikasi, hingga menjadi server.

"Dipercaya karena latar belakang elektronik, robot dan IT yang dipandang bagus, semua pekerjaan besar ini dipercayakan kepada kami, untuk itu dengan sebaik-baiknya pula kami mengerjakan tugas ini," ujar Bapak Rusminto selaku Penanggug jawab IT pusat.

Tidak ada kendala khusus dalam pembangunan sistem baru ini, hal demikian berkat kerjasama yang apik dari masing-masing tim IT dari politeknik-politeknik dan pihak yang turut andil dalam pembangunan sistem ini. Direncankan pada bulan Februari mendatang akan siap untuk dilaksanakan grand launching. Untuk memaksimalkan koordinasi di semua politeknik akan diadakan pertemuan seluruh TIM IT di PENS pada tanggal 25 Januari mendatang.

Dukungan dari pemerintahan yang apik, membuat sistem ini terbangun dengan cepat dan akan terus disempurnakan. Mulai dari kemungkinan-kemungkinan terkecil yang bisa terjadi akan terus di minimalisir, dengan dilakukan uji coba yang akan dilaksanakankan setelah pertemuan tim IT esok hingga sebelum grand launching.

Uji coba ini sangat perlu dilakukan, untuk sinkronisasi antara sistem dan ketentuan yang tiap-tiap PN miliki dan notebene berbeda-beda. Uji ini, tdak akan memakan waktu yang lama, diperkirakan dalam 1 minggu waktu uji coba ini selesai dan dilanjutkan penyepurnaan yang lebih dalam.

Saat ini, khalayak umum dapat mengakses Informasi lengkap serta tata cara pendaftaran Jalur PMDK-PN melalui situs www.pmdk.politeknik.or.id. Dengan begitu diharapkan calon peserta dapat segera mempersiapkan kelengkapan berkas pendaftaran.

"Kemudahan sudah di berikan untuk calon peserta, diharapkan tidak ragu untuk mendaftar ke PN karena PN merupakan pendidikan yang mengombinasikan keseimbangan antara keterampilan dengan teori," tutup bapak Rusminto selaku Asisten Direktur 1 Politeknik Elektronika Negeri Surabaya. (arn/aik)

Alamat website PMDK-PN : http://pmdk.politeknik.or.id