EEPIS-Online. Tak bisa dipungkiri lagi prestasi Indonesia di kancah Abu Robocon, mulai dari pertama Abu Robocon ada Indonesia sudah mengirimkan perwakilannya untuk mengikuti kontes ini.

Itulah yang mendasari pihak DIKTI dan TVRI selaku broadcaster official dari Indonesia langsung mengajukan diri menjadi tuan rumah kontes kenamaan di Asia Pasifik Abu Robocon. Memang Abu Robocon 2015 akan diadakan di Indonesia, hal ini disampaikan perwakilan PENS yang juga menjadi saksi dimana adanya kesepakatan antara pihak DIKTI yang diwakili oleh Direktur LitAbMas dan pihak TVRI yang diwakili oleh Direktur Utama setelah melakukan rapat terbatas pada saat berlangsungnya Abu Robocon 2013.

Dalam Sejarah Abu Robocon sendiri, Indonesia telah menorehkan banyak prestasi. Dimulai sebelum kontes tersebut berubah nama yang semula bernama NHK, Indonesia telah menorehkan prestasi sebagai Juara 1 atau Grand Prix. Dan kemudian diteruskan beberapa tahun berikutnya sering mendapatkan award, sampai pada 2007 Indonesia mendapatkan Special Abu Robocon Award.

Kemudian setelah itu adanya tawaran untuk menyelenggarakan Abu Robocon 2008 di Indonesia, yang mendasari adalah perkembangan robotika di Indonesia yang berkembang pesat, tetapi hal tersebut tidak direalisasikan.

Sampai pada tahun ini, setelah Indonesia yang diwakili oleh Politeknik Elektronika Negeri Surabaya mendapatkan kembali Special Abu Robocon Award, dan menyambet 2 penghargaan antara lain 2nd Runner Up dan Special Award dari Rohm Co.lt, Indonesia mengukuhkan diri sebagai Penyelenggara Abu Robocon 2015 setelah tahun 2014 yang diselenggarakan di Pune, India.

"Ayo perguruan tinggi se Indonesia. Sukseskan Indonesia sebagai tuan rumah ABU Robocon 2015! Di Jakarta atau Surabaya? Tak masalah. Ada masukan? Silakan urun rembug di milis KRI-KRCI." Ujar Endra Pitowarno salah satu perwakilan PENS di Abu Robocon 2013 melalui Email.

Dengan ini, nantinya dapat meningkatkan perkembangan dunia Robotika Indonesia, dan juga dapat mengenalkan Indonesia di kancah Internasional. (aul/epit)