EEPIS-Online. Dalam rangka membangun sistem manajemen dan budaya mutu serta implementasi Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi (SPM PT), Unit Manajemen Mutu mengadakan pelatihan dan seleksi auditor mutu internal.

Kegiatan yang bertempat di Ruang Sidang Gedung Baru ini dihadiri 31 orang peserta yang merupakan pejabat setingkat Ka Departemen, Ka Prodi, serta Dosen-dosen Perwakilan Prodi. Meski berlangsung 2 hari, 2-3 Juli namun jadwal acara cukup padat.

""Pelatihan hari pertama ini diisi dengan Pengenalan dan Implementasi SMM ISO 9001 with IWA 2, Audit Internal SMM ISO 9001 with IWA 2 yang disampaikan oleh Novi Hendrawirawan, ST, MT. Pemaparan lainnya mengenai SPM PT oleh Dr. Ir. Era Purwanto, M.Eng. dan Audit Mutu Internal (AMI PENS) oleh Ka UMM, Rony Susetyoko, S.Si, M.Si.

Kegiatan ini mengacu pada PP No. 19 th. 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, SPMPT dan SMM ISO 9001:2008 with IWA 2.

Di akhir sesi, peserta wajib mengikuti ujian teori dan praktek untuk mengetahui seberapa pemahaman mereka tentang audit mutu internal. Ke depan, dari peserta yang lulus ini disiapkan jadi Auditor Mutu Internal.

"Secara substansi, kami sangat mengharapkan partisipasi aktif dari Departemen dan Prodi untuk mengimplementasikan sistem penjaminan mutu, "terang Rony Susetyoko, S.Si, M.Si. Menurutnya sistem penjaminan mutu di PENS memerlukan support dari banyak pihak agar proses dan pelaksanaannya dapat berjalan dengan baik.

Meski tidak semua paham pada awalnya, namun tidak menyurutkan semangat peserta untuk menambah wawasan melalui pelatihan ini. Bahkan besok peserta akan dibagi dalam 5 kelompok dan melaksanakan ujian praktek. "Besok Pk. 08.00 pagi peserta akan kami tes praktek, dengan obyek auditee D3 Teknik Telekomunikasi, D4 Teknik Mekatronika, D4 Teknik Informatika, Bag. Administrasi Akademik terakhir Bag. Aset dan Properti, "imbuh Rony. (humas)

wpChatIcon
EnglishIndonesian