EEPIS-Online (18/6), Dewasa ini robot tidak hanya digandrungi para kawula muda. Siswa tingkat sekolah dasar pun ikut penasaran. SD Al Falah As Salam Tropodo Sidoarjo misalnya, seluruh siswa kelas VI didampingi guru hari ini (18/6) melakukan kunjungan robotic. Sesuai dengan keinginan pihak sekolah untuk memperdalam informasi tentang dunia robot.

Kunjungan ini diikuti oleh enam puluh satu siswa. Terdiri dari tiga kelas siswa kelas VI tingkat SD. Didampingi dengan enam ustadzah dan satu ustadz. Uniknya dalam kunjungan ini juga diikuti native speaker SD Al Falah As Salam Tropodo. Meski biasanya kunjungan didominasi siswa SMA sederajat kegiatan ini tidak menghalangi minat siswa sekolah dasar untuk mengerahui lebih dalam tentang kampus teknik, utamanya dunia robotic. Salah satu latar belakang kunjungan ini adalah karena kampus PENS yang terkenal dengan prestasi robot. "Semoga kunjungan ini mampu menumbuhkan minat bakat siswa" ujar Wahyu salah satu ustadzah yang ikut mendampingi.

Kedatangan siswa asal Waru-Sidoarjo disambut oleh pihak manajemen PENS. Kunjungan pertama dilaksanakan ke Laboraturium Mekatronika D3 lt.2. Di laboraturium ini siswa dipertunjukkan aksi robot buatan Lutfi dan Kevin yang akan maju tingkat internasional mewakili indonesia. Dalam kunjungan ini juga didampingi oleh PD bidang kemahasiswaan Dr. Eng Indra Adji Sulistijono, ST. M.Eng dan Direktur PENS Dr. Zainal Arief, ST. MT. Setelah kurang lebih 30 menit berdiskusi mereka melanjutkan kunjungan ke laboraturium robot. Di lab robot ini, siswa berkunjung ke robot sepakbola humanoid EROS. Tim robot EROS pun dengan senang hati memperlihatkan kelihaian robot bermain bola. "Seneng lihat robot PENS keren-keren, bisa menambah wawasan juga" ujar Fira siswa kelas VI-A.

Direktur pendidikan SD Al Falah menyatakan bahwa diharapkan dengan siswa SD ini melihat robot bisa meningkatkan ekskul IT robotic yang sudah tiga tahun berdiri. Pasca kunjungan robotic ini mampu menumbuhkan minat bakat bidang IT dan robotika. Generasi penerus Indonesia diantaranya juga mereka, tidak ada buruknya jika membekali dengan hal-hal positif.(ENT)

wpChatIcon
EnglishIndonesian