EEPIS-Online (27/04), Hari ini Kontes Robot Indonesia Regional 4 digelar. Bertempat di GOR Bima UNESA Kampus Lidah, acara ini diikuti oleh setidaknya 68 tim dari 25 perguruan tinggi negeri dan swasta se-Jawa Timur.

Pasca dibuka oleh Rektor UNESA, dimulailah 5 macam kompetisi robot yaitu Kontes Robot Indonesia (KRI), Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI, divisi robot beroda dan robot berkaki), Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI).

"Ajangnya mahasiswa ya di sini, kekompakan tim, keramaian supporter, selalu seru, "ujar Prof. Drs. Agus Subekti, M.Sc, Ph.D, selaku perwakilan dari DIRJEN DIKTI bidang Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Beliau pun berpesan agar tiap tim saling menjaga sportifitas dan tetap mengembangkan kemampuan serta potensinya apapun hasilnya. "Karena setiap pertandingan pasti ada yang menang dan kalah. Jadi tetaplah berkarya. Banyak lomba-lomba lainnya yang kami selenggarakan, seperti lomba kontruksi jembatan, kapal, dan masih banyak lagi,"imbuhnya.

Tahun ini PENS mengikuti semua divisi dengan menurunkan 5 tim robotnya, ERSION, EILERO, EFFIRO, EROS, dan ERISA. Seleksi KRPAI divisi beroda menyaring 3 wakil dari regional 4 yaitu Arus (Univ. Dr. Soetomo), EFFIRO (PENS) dan Al-Jazari (ITS).

Sedangkan di divisi berkaki, dipilihlah EILERO (PENS) di peringkat pertama, disusul Ulil Albab (Polinema) dan terakhir Child13Sh (Unmuh Malang). Untuk divisi berkaki, scoring ditentukan melalui jarak tempuh dan banyak ruangan yang dilaluinya. Poin tambahan akan diperoleh jika robot mampu memadamkan api.

Pada divisi KRSI, 6 robot berlenggok menarikan tarian Hanoman Duta. Robot V-Nara, IBRAHIMI, eSPe 04, SUGRIWA, KETEUS, danERISA. Penilaian yang didasarkan pada variasi gerakan, kepekaan robot pada musik pengiring dan stabilitas robot. Terpilihlah ERISA, V-Nara dan eSPe 04 diperingkat 1-3 yang ikut akan berlaga di Kontes Robot Nasional.

Pertandingan semi final KRI mempertemukan RI-Vet dari ITS dengan STIMIK Surabaya. Setelah melalui pertarungan yang alot antar 2 tim akhirnya RI-Vet berhasil unggul setelah mencapai green planet. Dan dipertandingan kedua ERSION dari PENS dijamu oleh tuan rumah New_Rengganis, dengan hasil green planet untuk PENS.

Final KRI pun mempertemukan antara PENS dan ITS, dengan kemenangan ERSION (PENS) dengan Green Planet. Sementara juara ketiga diraih tim Miracle-SWC 08 dari STIMIK Surabaya. Juara ke 1, 2 dan 3 ini nanti yang akan mewakili regional 4.

Sementara di final KRSBI, EROS (PENS) bertemu dengan Ichiro (ITS). Dalam pertandingan yang terbagi dalam 2 babak ini EROS berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 10 – 0.

Kontes robot ini merupakan serangkaian acara seleksi yang dilaksanakan setiap tahunnya oleh DIKTI. Nantinya bagi tim yang lolos di skala regional akan mendapatkan tiket mengikuti seleksi nasional yang rencananya akan diselenggarakan Juni mendatang di Semarang. Sampai saat ini telah dilaksanakan seleksi di 2 regional, yaitu regional 1 (Sumatera) dan regional 4 (Jawa timur). Masih ada 3 seleksi lagi si regional 2 (Jakarta dan Jabar), regional 3 (Jawa tengah) dan regional 5 (Indonesia Timur). (hum)

wpChatIcon
EnglishIndonesian