EEPIS-Online,Latihan Kepemimpinan dan Manajemen Mahasiswa Tingkat Menengah (LKMM TM) V PENS berlangsung selama 5 hari, sejak tanggal 27 Februari hingga 3 Maret 2013. Pelatihan LKMM-TM kali ini diselenggarakan di Gedung Dinas Pendidikan Kota Surabaya (DISPENDIK) oleh tim pemandu dari ITS, PATRIOT.

Dengan mengangkat tema "PENS Berdikari Untuk Bangsa" sebanyak 21 orang mahasiswa PENS menerima materi tentang keorganisasian, manajemen diri, dan ilmu keilmiahan untuk membuat karya tulis.

Pelatihan LKMM TM ini memiliki konsep karantina, dimana peserta harus menginap di tempat yang telah disediakan oleh panitia, hal tersebut bertujuan agar kegiatan-kegiatan yang akan dijalani oleh peserta bisa tersampaikan dengan baik, serta bertujuan untuk menananmkan rasa kekeluargaan pada peserta.

Dalam kegiatannya, para peserta mendapatkan materi, simulasi dari materi yang telah diperoleh dan kunjungan ke ormawa universitas lain. Salah satu pemateri adalah Toha, seorang lulusan SMK yang berhasil menciptkan helicam yang digunakan untuk mengambil gambar crop circle yang dikenal sebagai jejak pesawat alien. Selain itu peserta LKMM kali ini juga berbagi cerita dengan Budi, ketua BEM Politeknik Negeri Jakarta(PNJ), dalam acara sharing tersebut, Budi berbagi cerita tentang Organisasi Mahasiswa(ormawa) di PNJ dan pergerakannya. Pengetahuan kegiatan Ormawa di kampus lain sangatlah berharga terkait Ormawa PENS yang akan bergerak secara mandiri kedepannya.

Dalam 5 Hari pelatihan tersebut, para peserta memiliki jadwal yang sangat padat dari pagi hingga siang ini juga mendapatkan ilmu Analisis Kondisi Organisasi (AKO) dan Rencana Pengembangan Organisasi (RPO) sebagai materi utamanya. Dalam akhir pemberian materi, masing-masing dari peserta akan diberikan sebuah tugas dimana mereka harus menganalisis kondisi organisasi yang mereka ikuti dan melakukan rencana-rencana untuk mengembangkan organisasi mereka kedepannya. Setelah 3 hari pemberian materi, para peserta melakukan kunjungan ke ormawa di Universitas Surabaya(Ubaya), Universitas Dr. Utomo(Unitomo), dan PERBANAS di hari Sabtu(2/3).

"Pelatihan LKMM TM kali ini super dan luar biasa sekali. Saya berharap komitmen yang saya dan peserta lain buat tidak hanya sekedar ucapan dan tulisan saja, semoga bisa membangun bersama PENS untuk berdikari. Saya juga berpesan untuk adik kelas agar terus bisa berkontribusi untuk kemajuan PENS dan ormawanya ke depan," ujar Rafika Nilasari Handoko, salah satu peserta LKMM TM. Di kedepannya diharapkan kemandirian PENS dan ormawanya berhasil menjadi pusat unggulan sebagai contoh kampus terbaik dengan ormawa yang terstruktur dengan baik pula. (and/sat)

wpChatIcon
EnglishIndonesian