EEPIS-Online, Tidak terasa waktu terus bergulir, dan perjalanan siswa baru telah berjalan selama 1 semester. Dalam jangka waktu itulah, terjadi proses akademik ditiap perfoma individu mahasiswa.

Dan pada hari inilah (23/12), dilakukan evaluasi hasil akademik Ujian
Akhir Semeter awal ini, oleh pihak kampus bersama Orang tua/wali mahasiswa baru
tahun pelajaran 2012/2013. Evaluasi atau penerimaan rapor ini sendiri
merupakan tolak ukur mahasiswa untuk terus memperbaiki performa akademik
mereka kedepan. "rapotan.jpg"

Memang banyak yang mesejajarkan acara penerimaan rapor yang dilakukan kampus ini dengan acara Sekolah Dasar(SD), namun hampir semua para orangtua mengapresiasi positif terbukti dari 30 menit sebelum acara, kursi yang tersedia telah terpenuhi. Ditambah penjelasan tentang tujuan yang disampaikan oleh Ir. Dadet PramadihantoM.Eng.Ph.D selaku direktur pens dan Drs.Miftahul Huda MT mengenai tujuan dan manfaat penerimaan rapor yang telah menjadi tradisi kampus dengan budaya prestasinya ini menambah apresiai baik. Tradisi Penerimaan Rapor ini sendiri telah ada sejak awal-awal beridirinya kampus, dan tiap tahunnya terselenggara dan terjaga hingga sampai usia di Kampus yang ke 25 tahun ini.

Dalam paparan yang dilakukan oleh Dadet ,selain sebagai tradisi, kegiatan semacam ini juga untuk menjaga silahturahmi antar pihak kampus dan para orang tua wali. Tidak hanya sekedar berselaturahmi, beliau juga menyampaikan bahwa ini memberi kesempatan bagi para orantua wali untuk mengetahui dimana dan bagaimana putra-putrinya menimba ilmu untuk 3 atau 4 tahun kedepan. Disampaikan pula, bahwa tak sekedar mengevaluasi pihak kampuspun memberikan reward bagi mahasiswa yang mendapatkan IP tertinggi di masing-masing kelas
mereka yang telah di umumkan di hari sebelumnya.Apresiasi ini sendiri
berupa beasiswa sebesar 1.500.000 yang didapatkan dari IKOMA (Ikatan
Orang Tua Mahasiswa).

Acara ini tepat pukul 10.00 dilangsungkan dan dibuka oleh Dwi Kurnia BasukiS.Si,M.Kom. Dilanjutkan penjelasan profil Politeknik Elektronika Negeri Surabaya(PENS) oleh direktur,kemudian diisi penjelasan perihal kegiatan-kegiatan akademik dan sistem pendidikan yang ada di PENS oleh Dr.Rusminto Tjatur Widodo ST selaku wakil direktur, presentasi prestasi-prestasi mahasiswa pens akademik atapun non-akademik oleh huda selaku kepala kemahasiswaan. Setelah dilakukan presentasi selama 1jam itu,
dilanjutkan penyerahan hasil rapor yang akan dilakukan dikelas-kelas.
Sempat terjadi kebingungan di wajah para oangtua/wali mahasiswa dalam
mencari lokasi kelas penyerahan rapor anaknya, dengan kondisi kondusif
hal tersebut tidak berlangsung lama semua mahasiswa serta perangkat
management saling membantu memberikan informasi.

Terdapat Perbedaan berlangsungnya acara ini jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Tahun sebelumnya biasanya diadakan di gedung teater milik PENS, yang dibagi menjadi 2 kali pertemuan pagi dan siang. Hal demikian dilakukan karena kapasitas dari ruang teater sendiri yang hanya memiliki kapasitas150 kursi. "Dan untuk efisientas serta agar tidak bekerja 2 kali, maka mulai tahun lalu pertemuan dijadikan satu dan diputuskan diselenggarakan di Hall D4 hingga saat ini,"jelas huda. (arn/fal)

wpChatIcon
EnglishIndonesian