EEPIS-Online, Serangkaian kegiatan Seminar Proposal Proyek Akhir (SPPA) dan Kerja Praktek (KP) merupakan persyaratan kelulusan mahasiswa. Pada bulan Pebruari mahasiswa jenjang D3 PENS semester akhir disibukkan dengan sidang SPPA. Terdapat beberapa prodi yang tampak melaksanakan sidang pada bulan ini, diantaranya Prodi Telekomunikasi, Elektro Industri, dan Multimedia Broadcasting. Besar harapan mahasiswa untuk bisa lancar dalam menyelesaikan Tugas Akhir agar bisa lulus tepat waktu. Sidang SPPA Prodi Telekomunikasi misalnya, kegiatan ini dilaksanakan minggu ini bertempat di Gedung D4. Tepatnya lab komunikasi digital (E-107), lab pemrosesan sinyal (E-206) dan lab komunikasi nirkabel (E-305). Sidang dijadwalkan mulai pukul 08.30 sampai 12.00 WIB.

"Sidang_TPPA.jpg"

Dengan memakai pakaian putih-hitam rapi, para mahasiswa semester akhir baik D3 dan D4 bersiap di masing-masing ruang sidang. Sidang ini cukup membuat mahasiswa yang akan menjalani sidang terlihat sedikit gugup. "Deg-deg an sih, melihat teman-teman yang sudah sidang, meskipun presentasi ini sudah saya persiapkan sejak minggu lalu tetep saja rasa nervous gak ilang-ilang," ujar Amilatul Husna, salah satu mahasiswi yang melakukan sidang hari ini.

"Dalam prosesnya urutan peserta sidang sudah ditentukan oleh panitia sidang dari dosen masing-masing jurusan. Dosen penguji yang menguji proposal mahasiswa juga telah ditentukan", tutur Ir. Yoedy Moegiharto, MT. selaku Koordinator SPPA D3 Reguler. Hanya saja untuk dosen penguji tidak diumumkan kepada peserta sidang. Hari ini ada sepuluh mahasiswa di masing-masing lab yang akan memaparkan proposal proyek akhir mereka.

Dalam sidang progress TA ini mahasiswa akan diberi saran serta revisi dalam proposal mereka yang bertujuan untuk melengkapi bahan dari Tugas Akhir mereka. Saran dan revisi ini diharapkan dapat membangun kemampuan mahasiswa kedepan. Tampak ekspresi kelegaan terpancar dari masing-masing mahasiswa yang telah menyelesaikan sidang mereka. "Alhamdulillah sidangnya lancar, padahal saya tadi grogi banget dan tidak menyangka bahwa laporan sidang saya hanya mendapat revisi sedikit sehingga bisa lanjut untu persiapan laporan berikutnya," ujar Devi Miasari salah satu Mahasiswa Teknik Telekomunikasi ketika ditemui setelah menjalani sidang TPPA. (and/nan)

wpChatIcon
EnglishIndonesian