EEPIS-Online(10/11), Hari Pahlawan merupakan salah satu bentuk penghargaan dan penghormatan bangsa Indonesia atas jasa dan pengorbanan para pahlawan dan pejuang bangsa.

"10_nop.jpg"Bangsa Indonesia menyadari bahwa kemerdekaan yang diraih dan rasakan hingga saat ini tidaklah datang begitu saja, namun memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pendahulu negeri baik jiwa, raga maupun harta. Dengan didorong semangat dan rasa cinta tanah air, rela berkorban, pantang menyerah, percaya pada potensi diri, rakyat dan para pejuang bahu membahu mengusir penjajah dari Indonesia.

Hari ini, 10 November 2012 bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan. Untuk merayakan hari bersejarah ini berbagai Intansi Pemerintah hingga Institusi Pendidikan menggelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan. Hari Ini Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) juga menggelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan yang bertempat di depan Perpustakaan Pusat. Upacara yang dihadiri oleh Dosen , Karyawan serta Mahasiswa dari berbagai Fakultas berjalan secara khidmat .

Ada cara tersendiri juga untuk mengenang dan menghormati jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur membela bangsa dan negara, bertepatan dengan peringatan Ke-67 Hari Pahlawan 10 November 2012, akan dilaksanakan Hening Cipta secara serentak selama 60 detik di seluruh Indonesia. Seluruh rakyat Indonesia diminta melakukan Hening Cipta selama 60 detik secara serentak pada Sabtu 10 November 2012 pukul 08.15 waktu setempat .

Hening Cipta tujuannya adalah meningkatkan kesadaran untuk menghormati dan menghargai jasa-jasa pahlawan, melestarikan dan memasyarakatkan Nilai Kepahlawanan, Keperintisan, dan Kesetiakawanan Sosial untuk dapat dihayati, diamalkan dan didayagunakan sehingga menjadi bagian dari sikap dan perilaku kehidupan sehari-hari segenap bangsa Indonesia dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Selain itu juga untuk menanamkan dan mengembangkan jiwa, semangat serta cita-cita para Pahlawan di kalangan masyarakat dalam mensukseskan pembangunan nasional. (ryo/and)

wpChatIcon
EnglishIndonesian