EEPIS-Online. Peningkatan budaya ilmiah telah mulai digalakkan oleh pemerintah mulai untuk setingkat SMA maupun perguruan tinggi, salah satunya adalah Program Kreatifitas Mahasiswa yang tahun ini telah memasuki tahun 26. Di PENS sendiri peminat PKM telah meningkat periode 3 tahun ini, dibuktikan dengan beberapa proposal PKM dari mahasiswa PKM yang lolos ke PIMNAS 25 di Yogyakarta.

"Sosialisasi_PKM.jpg"Kegiatan ini berlangsung dari 29 Oktober hingga 8 November 2012 dimulai dari pengiriman proposal sampai pada penentuan peserta yang akan mengikuti PIMNAS, sedang untuk PIMNAS ke 26 sendiri belum ditentukan kota mana sebagai tuan rumah, atau menunggu keputusan Dikti. Menjelang PKM ini banyak dilakukan persiapan baik dari pihak kemahasiswaan, dosen, dan mahasiswa, ditemui di Gedung TC lantai 3 Jum at (12/10), Dwi Kurnia Basuki,S.Si,M.Kom perwakilan pihak kemahasiswaan menuturkan bahwa kegiatan untuk mempersiapkan PKM tahun depan seperti Sosialisasi PKM, Goes to PKM, Pelatihan Karya Tulis Ilmiah (PKTI)dan banyak lagi lainnya.

Perbedaan tahun ini dengan tahun-tahun sebelumnya tampak menonjol pada persiapan. Tahun ini adalah awal dilaksanakannya PKTI yang rencananya akan diselenggarakan pada tanggal Minggu(14/10) di Ruang Teater PENS yang tujuannya untuk menggali ide kreatif dan meningkatkan kekuatan menulis mahasiswa. Selain PKTI diharapkan keterlibatan dosen di tahun ini lebih maksimal agar mulai persiapan sampai pada pematangan ide sudah terorganisir dan juga mendapatkan bimbingan. Tidak hanya dari pihak peserta yang berusaha melakukan peningkatan dari tahun lalu, pihak penyelenggarapun juga melakukan peningkatan perubahan dalam sistem perlombaan ini yaitu pada paper PKM yang dilaksanakan secara online dengan cara meng-upload file PKM berupa pdf untuk diserahkan ke panitia melalui web dan satu file hard copy untuk disimpan sebagai file universitas. Tidak sama seperti tahun lalu yang membutuhkan rangkap file sebanyak tiga kali. Dengan banyak perubahan ini setidaknya bisa meminimalisir penggunaan kertas menuju green technology.

Kriteria penilaian PKM ini termasuk didalamnya adalah keunikan ide, inovasi, kreativitas, indeks perguruan tinggi dan banyak lagi. Dalam indeks Perguruan Tinggi PENS sendiri sudah masuk di golongan utama yang mana di tahun lalu dari 201 karya yang dikirim yang lolos ada 41 karya dan semoga saja mengalami peningkatan ditahun ini dan selanjutnya. "Saya berharap tahun ini ada 250 karya yang dikirim dan minimal 50 karya diantaranya lolos" tutur salah satu Dosen Teknik Komputer setelah memberikan sosialisasi PKM pada 12 Oktober 2012 petang. (nnd/aul/ifl)

wpChatIcon
EnglishIndonesian