EEPIS-Online, LMT di hari ketiga ini diawali dengan sholat tahajud berjama ah di camping ground. Peserta dibangunkan pukul 02.00 dinihari. Dipimpin oleh Habib selaku panitia untuk melakukan sholat tahajud dan witir berjama ah. Lepas sholat malam, peserta di kondisikan menuju lapangan parkir UTC guna mengikuti kegiatan renungan malam .

"sholat.JPG"Renungan malam merupakan puncak dari acara pelatihan manajemen diri selama 3 hari ini. Diharapkan setelah mengikuti renungan malam ini peserta menemukan sumber motivasinya sehingga akan semakin mudah untuk meraih kesuksesan. Karena tidak dapat dipungkiri dalam mencapai kesuksesan pasti menemui jalan yang berliku. Sebab itulah Agus, selaku pemimpin trainer, berniat membantu menemukan sumber motivasi pada diri peserta training.

Perubahan semakin terlihat pada diri peserta setelah mengikuti renungan malam. Kekompakan salah satunya. Hal itu terlihat kala mengikuti "senam otak" dan "game buaya". Senam otak yang berarti melatih konsentrasi otak mampu dikemas apik oleh Agustina, crew AJI training. Game buaya disini dilakukan untuk melatih teamwork serta strategi. Hal ini berarti dalam menuju kesuksesan diperlukan sinergi dan kerjasama dengan orang yang mendukung kesuksesan tersebut. Tidak lupa diimbangi dengan strategi yang cerdik dalam setiap langkah menuju kesuksesan. "game_buaya.JPG"

Lelah bermain-main dengan taktik strategi di "game Buaya" peserta masih harus mengikuti 1 materi penutup, Pribadi Pembelajar. Seperti biasa Agus menyampaikan materi dengan metode tantangan dan game. Tantangan untuk materi kali ini yakni melindungi telur dengan beberapa kertas dan sedotan. Dari 9 kelompok hanya ada 2 kelompok yang telurnya pecah kala di lempar dari atas. Bentuk pelindung telur ini cukup beragam ada yang balok, kerucut, bola. Semua bentuk tersebut melambangkan keunikan mahasiswa PENS angkatan pertama yang mengikuti pelatihan ini. Tantangan ini memiliki arti bahwa kita sebagai manusia hendaknya senantiasa memiliki jiwa pembelajar dimanapun kita berada khususnya di kampus. Agus berharap semangat dan kekompakan peserta tetap terjaga hingga di suasana perkuliahan nanti. Sehingga dari sekelompok kecil ini nantinya kedepan akan mengubah wajah Indonesia menjadi lebih baik.

Tepat pukul 11.00 Drs. Miftahul Huda, MT selaku Asisten Direktur III bagian kemahasiswaan menutup acara LMT gelombang pertama usai pemilihan komting alumni LMT angkatan I PENS. Peserta kemudian dikondisikan untuk kembali ke Surabaya. (aik/rar/ryo)

wpChatIcon
EnglishIndonesian