EEPIS-Online, Berangkat dari kepedulian PENS akan pentingnya pembentukan karakter seorang mahasiswa, Jum at (5/10) hingga Minggu (07/10) ini PENS tengah mengadakan Life Management Training (LMT). Bertempat di Ubaya Training Center (UTC), sebanyak 125 peserta yang notabene dari angkatan 2012 bersuka cita mengikuti pelatihan ini.

"opening_LMT2012.JPG"Sekitar pukul 14.00 peserta berangkat dari PENS menuju UTC dengan mengendarai Garnisun atau truk TNI AL. Begitu peserta menginjakkan kaki di UTC, sebanyak 46 peserta perempuan dan 89 peserta laki-laki disambut dengan 10 tenda PMI Bulan Sabit. Ya, mereka akan menjalani camp selama 3 hari ke depan.

Panitia yang tidak lain merupakan peserta LMT tahun lalu ini tidak terlalu banyak jumlahnya, hanya 4 orang yang nantinya ditugaskan untuk membantu tim trainer Abhipraya Jaya Indonesia (AJI) dalam melatih peserta LMT ini. LMT yang mengusung tema "Succes is Habbit" ini memang sengaja di pecah menjadi dua gelombang, dimana masing-masing gelombang terdiri dari 125 peserta. Alasan utamanya tidak lain untuk mengantisipasi banyaknya peserta yang mendaftar. Setelah Istirahat Sholat dan Makan, peserta diarahkan Agus Priyadi, M.Psi, seorang trainer dari AJI, menuju Aula Outdoor untuk mengikuti upacara pembukaan. Tina, salah satu crew AJI membuka acara pembukaan dengan ice breaking terlebih dahulu untuk mencairkan suasana. Usai Ice Breaking, Agus menarik beberapa peserta untuk baris mebentuk piramid sembari menyentuh pundak masing-masing peserta. Diikuti oleh semua peserta lainnya, lagu Indonesia Raya pun diputar, seluruh panitia dan peserta dengan khidmat menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia tersebut.

"opening_LMT_copy.jpg"Drs. Miftahu Huda, MT resmi membuka acara LMT gelombang pertama ini dengan bacaan Bismillah. Asisten Direktur bidang kemahasiswaan ini berharap usai mengikuti pelatihan, peserta mampu membawa pengaruh positif kepada teman-temannya maupun kepada lingkungan kampus. Kebersihan misalnya hal kecil tersebut akan menjadi besar jika masing-masing elemen kampus tidak mempunyai kesadaran untuk saling menjaga kebersihan. Disamping itu, Huda menjelaskan bahwa karakter building tidak bisa tumbuh secara instan. Melainkan melalui kebiasaan dan perilaku positif dalam kehidupan sehari-hari. Sebab itulah Dosen Telekomunikasi ini menganjurkan agar peserta tetap mengikuti kegiatan-kegiatan organisasai mehasiswa di kampus guna pembentukan karakter diri. "Saya ingin mahasiswa dan luusan PENS menjadi orang yang berguna, bagi lingkungan sekitar dan Indonesia pada umumnya." ujar Huda. Dengan teriakan jargon andalan PENS (Politeknik… Joss) Huda menutup sambutannya diiringi dengan do a dari Sudrajat, tim trainer AJI.

Acara dilanjutkan dengan perkenalan dan pengondisian pelatihan. Acara malam hari ini mampu dikemas secara apik oleh Agus Priyadi, M.Psi. Agus memberikan 4 syarat yang harus disepakati oleh peserta untuk mengikuti LMT selama 3 hari kedepan. Adapun, syarat-syarat yang diberikan yakni niat, ikhlas, zero complain, dan totalitas. Keempat syarat tersebut dibawakan secara enjoy dan nyaman sehingga peserta langsung dengan cepat menghafalnya.

Tidak lupa Agus juga menerangkan arti dari tema LMT "Succes is Habit" ini. Sukses akan timbul melalui kebiasaan, jika kebiasaan itu baik dan positif secara tidak langsung akan membawa kita kepada kebaikan sehingga mendatangkan kesuksesan pada diri kita. Begitu juga sebaliknya terang Agus.

Panitia memberikan atribut pelatihan seperti ID, notes, serta ballpoint sebelum menginjak ke acara berikutnya, pembagian kelompok dan yel-yel. Peserta tampak antusias mengikuti serangkaian acara pada malam hari ini. Dinginnya malam tidak membuat peserta kehilangan semangat dalam menampilkan yel-yel kelompoknya kecilnya. Canda tawa peserta turut meramaikan UTC malam ini. Sebelum kembali ke camping ground, Agus menginstruksikan untuk berfoto bersama terlebih dahulu. (aik/rar/ryo/sat)

wpChatIcon
EnglishIndonesian