EEPIS-Online (28/05), Bukanlah hal mudah untuk mendirikan suatu organisasi mahasiswa dalam suatu institusi. Lima tahun bergabung dengan Himpunan Mahasiswa Elektronika, kini Teknik Mekatronika akan segera mendirikan Himpunan mereka sendiri.

"DSC_2064.JPG"Struktur baru yang diterapkan di PENS, yakni pengadaan departemen yang membawahi beberapa program studi membawa pengaruh yang cukup besar akan terbentuknya Himpunan Mahasiswa Mekatronika ini. Pasalnya, dalam pembentukan departemen ini, Teknik Mekatronika harus terpisah dari Teknik Elektronika. Padahal, sudah seharusnya ilmu mereka satu rumpun. Ditambah lagi dalam departemen yang baru yakni Departemen Mekanika dan Energi, Teknik Mekatronika harus bergabung dengan Sistem Pembangkitan Energi (SPE). kebutuhan akan naungan sebuah organisasi dalam satu departemen inilah yang merupakan salah satu hal yang mendasari terbentuknya Himpunan Mahasiswa Mekatronika tahun ini.

"Keinginan untuk mempunyai himpunan sendiri sebenarnya sudah lama, kebutuhan kami juga semakin banyak, namun kita harus menghadapi kendala di birokrasi. Menurut prosedur dari asdir III, salah satu syarat terbentuknya himpunan harus minimal menghasilkan lulusan didalam prodinya, jadi harus menunggu deh," ujar Hendra Prastyawan, salah satu Calon Ketua Himpunan.

Kini, seluruh mahasiswa Teknik Mekatronika, dibantu dengan SPE sedang menggodok proses pemilihan Ketuanya. Pemilihan ini berlangsung dari hari ini (28/05) hingga besok (29/05).

Para mahasiswa Teknik Mekatronik berharap semoga terbentuknya Himpunan baru ini kedepan dapat menampung aspirasi dan makin memajukan PENS. "Kami bersyukur akhirnya Himpunan ini dapat segera terbentuk, jatuh bangunnya kami tidak sia sia dan semoga bisa memajukan PENS dalam segala aspek," ujar Mas Nurul, yang merupakan rival Hendra pada Pemilihan Ketua Himpunan. (sat)