EEPIS-Online, (4/3) Tak hanya robot yang dipertandingkan dalam even Java Robo Contest (JRC), namun juga bidang lain yaitu Lomba fotografi JRC. Lomba ini juga diadakan di tempat yang sama dengan arena Lomba robot yang tengah berlangsung. Dengan mengangkat tema "When Robot Unite with Us", para peserta diwajibkan untuk mencari dua buah angel foto yang berhubungan dengan robot yang ditandingkan dalam JRC 2012. "Photography_JRC_IIIy.jpg"Dari seluruh foto yang dikumpulkan kepada juri, hanya dipilih satu foto yang dilombakan dan ditetapkan sebagai foto pemenang. Juri yang bertugas untuk menentukan pemenang Lomba Fotografi JRC 2012 ini pun bukanlah orang sembarangan. Juri pertama adalah Aken, fotografer handal lulusan Icon School Photography, beliau menyatakan bahwa sangat disayangkan dalam even sebesar ini, peminat lomba fotografi sangat sedikit. "Lombanya masih sepi, sehingga diperkirakan pemenangnya itu-itu saja, semoga tahun depan publikasi untuk lomba fotografi diperbesar sehingga pesertanya juga meningkat", tukas Aken. Selain Aken, ada juga Oka yang merupakan Juara Pertama Lomba Fotografi PENS 2012 dari jurusan Teknik Elektronika.
Dalam penentuan pemenang lomba fotografi ini, banyak sekali penilaian yang harus dilakukan. Diantaranya adalah ketajaman foto dan komposisi foto itu sendiri, sehingga orang yang melihat foto tersebut dapat mengerti arti dari foto dengan sekali tatap. Semakin berbicara foto tersebut, semakin bagus pula penilaiannya.
Pemenang dari lomba fotografi ini akan diumumkan bersamaan dengan pemenang dari lomba robot dan dota pada acara penutupan JRC 2012. (dip)

wpChatIcon
EnglishIndonesian