EEPIS-Online (3/3) Java Robot Contest (JRC) III pada tahun 2012  resmi dibuka. Pembukaan JRC III ini diawali dengan pelepasan 2 buah robot line tracer pada track yang tersedia oleh Bapak Zainal Arifin selaku Kepala Departemen Elektro Politeknik Elektronka Negeri Surabaya (KaDept PENS) dan Awan Hidayat selaku Ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Elektronika (Himaelka). Setelah diluncurkannya kedua robot tampak diiringi dengan tepuk tangan antusiasme para peserta, panitia maupun para penonton yang ingin menyaksikan acara JRC III ini.

"Acara yang sudah dipersiapkan selama 4 bulan sebelumnya akhirnya dapat terlaksana sesuai dengan rencana, Jumlah pesertanya pun  lebih dari perkiraan kita, hal ini membuat panitia semakin bersemangat. Semoga acara ini bisa tetap diadakan tahun depan,"tutur Salvian selaku Ketua acara. Antusias peserta sangat tinggi untuk mengikuti acara ini. Menurut mereka, dengan mengikuti acara seperti ini peserta bisa belajar membuat robot sendiri dengan banyak tantangan yang harus dipatuhi dan dipenuhi dari robot itu sendiri, karena pada setiap event Java Robot Contest (JRC) ini sendiri selalu "Opening_JRC_III_2012.JPG"berbeda-beda konsep acaranya.

Tujuan dari JRC sendiri untuk mengembangkan teknologi kepada anak yang masih duduk di sekolah dasar agar mereka bisa mengembangkan teknologi khususnya di Bidang Robotika. Selama tiga kali JRC ini digelar selalu ada perubahan khususnya untuk peningkatan kualitas perlombaan, dan jumlah peserta yang selalu bertambah, "Saya sangat mengapresiasi untuk para panitia, dimana panitia sudah swadana untuk acara ini sendiri,"tegas Zainal Arifin. (dev/rio/iys)

wpChatIcon
EnglishIndonesian