EEPIS-Online, Hari ini (18/01) acara Soft Launching Logo dan Hymne PENS digelar. Sekitar 100 orang peserta yang terdiri dari civitas akademika PENS, ITS dan beberapa mahasiswa PENS datang memenuhi hall D4 PENS. Kemeriahan tampak dari seluruh peserta yang hadir dalam acara Soft Launching Logo dan Hymne PENS.

"Soft_Launching_Logo_PENS.JPG"Acara ini diawali oleh sambutan Direktur PENS, Ir. Dadet Pramadihanto, M.Eng, Ph.D. Beliau memberikan wacana sekilas tentang PENS, mulai dari awal didirikan saat masih bergabung dengan ITS, hingga akhirnya dapat mandiri. Beliau juga menjelaskan beberapa perubahan yang terjadi di PENS terhitung sejak kemandirian ini dipublikasikan, antara lain dibentuknya Departemen, Logo dan juga Hymne PENS yang baru. Selebihnya tidak ada perubahan.

Mengenai status mahasiswa PENS kedepan, Dadet pun menyatakan tidak perlu ada kekhawatiran yang berarti. Mahasiswa PENS angkatan 2011 dan sebelumnya yang penerimaan dan pelulusannya dilakukan oleh Rektor ITS, akan mendapatkan ijazah yang bertandatangan Rektor. Tidak hanya itu, mereka masih dapat bergabung dalam kegiatan kemahasiswaan di ITS.

Sementara untuk angkatan 2012 mendatang, status kemahasiswaan sepenuhnya merupakan mahasiswa PENS. "Disini sejak awal akan kami lakukan sosialisasi mengenai proses penerimaan mahasiswa baru hingga status kemahasiswaannya, sehingga tidak terjadi kesalahpahaman dengan calon mahasiswa baru. Mereka akan menjadi mahasiswa PENS.", ujar Dadet.

"Logo_PENS.jpg"Dalam rangka kemandirian PENS, maka perlu dilakukan pengenalan dan sosialisasi statuta PENS, yang dalam kesempatan ini adalah memperkenalkan Logo dan Hymne PENS. Dalam perkenalan logo, Dadet mengenalkan gambar logo PENS terbaru beserta animasi animasi dari filosofi logo PENS yang baru. Logo PENS terbaru, terbentuk dari susunan bulatan yang berjumlah sembilan buah, bulatan tersebut terdiri atas tujuh bulatan berwarna biru dan dua bulatan bewarna kuning keemasan. Logo pens ini merupakan representasi dari biji bunga teratai yang menggambarkan kemurnian dan kesucian serta dapat bertahan hidup apik walaupun dilingkungan yang kotor sekalipun. "Sangat bagus sekali, salah satu bijinya melambangkan sumber daya manusia PENS yang berkualitas dengan karakter Jujur, Orisinil, Semangat, dan Santun yang disingkat JOSS. Ini merupakan kunci utama PENS dalam meraih kesuksesan.", tambah Dadet dengan semangat.

Setelah pengenalan Logo, Dadet juga memperkenalkan Hymne PENS. Hymne PENS ini diciptakan oleh Fardani Annisa Damastuti, S.ST. Beliau adalah salah satu dosen jurusan Multimedia Broadcasting PENS yang memiliki pengalaman lebih di bidang musik. Beliau menyatakan bahwa membuat hymne ini tidak semudah membuat lagu biasa. Membutuhkankan banyak perdebatan dan juga melewati rapat senat untuk menentukan kunci dasar. "Untuk hymne PENS, akhirnya ditetapkan kunci dasar G Mayor, dan untuk marsnya nanti digunakan F.", ujarnya.

Memasuki tahap launching awal, Hymne PENS mendapat respon positif dari berbagai civitas akademika PENS. Pernyataan ini diperkuat oleh suara emas yang dilantunka"Soft_Launching_HYMNE_PENS.JPG"n para anggota paduan suara PENS yang kerap disebut EEPIS Choir. Para anggota EEPIS Choir terdiri dari beberapa mahasiswa PENS berbagai jurusan yang sebelumnya sudah melalui tahap seleksi suara secara ketat. "Saya sangat bangga dapat menyanyikan lagu Hymne PENS untuk pertama kalinya di hadapan seluruh civitas akademika PENS.", ujar Amilatul Husna, selaku salah satu anggota EEPIS Choir.

Dampak positif acara ini juga dirasakan mahasiswa PENS selaku undangan acara ini. "Acaranya sangat menarik, untuk kedepannya mungkin seluruh mahasiswa bisa hadir semua dalam acara semacam ini.", ujar Raheldan Dewandhana, salah satu mahasiswa PENS, jurusan Sistem Pembangkit Energi.

Drs. Miftahul Huda, MT. selaku Pembantu Direktur III yang juga merangkap menjadi ketua panitia acara ini menyampaikan bahwa dengan diperkenalkannya Logo dan Hymne PENS ini, diharapkan PENS makin dikenal dan ini merupakan langkah awal kemandirian untuk menjadi salah satu pusat unggulan Pendidikan Tinggi di Indonesia. Menjadi awal pengenalan PENS kepada publik, kedepannya PENS akan mengadakan acara Grand Launching pada hari ulang tahun PENS, yakni pada 2 juni 2012 mendatang. (ENT)