EEPIS-Online, Setiap institusi pendidikan pasti melakukan ujian secara berkala pada peserta didiknya. Hal ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman mahasiswa pada mata kuliah yang diajarkan. Terutama dalam satu semester terakhir.

"UAS_semester_gasal.JPG"Begitu pun yang terjadi di PENS. Mulai Senin(2/1) hingga Jumat(6/1) seluruh mahasiswa PENS mengikuti Ujian Akhir Semester(UAS) Ganjil. Peserta UAS adalah mahasiswa reguler Diploma III(D3), Diploma IV(DIV), Diploma IV Lintas Jalur(D4 LJ).

Melihat jenis peserta yang ada, waktu pelaksanaan ujian dibedakan menjadi tiga. Untuk program D3, UAS dilaksanakan mulai pukul 08.00 WIB hingga 12.00 WIB. Sedangkan untuk mahasiswa Diploma IV diadakan pada jam 13.00 WIB hingga 17.00 WIB. Tidak hanya program reguler saja. Mahasiswa D4 LJ semester tiga juga melaksanakan UAS pada malam harinya.

Yang istimewa dalam pelaksanaan UAS kali ini adalah munculnya angka 0% pada tingkat kecurangan mahasiswa. Hal ini sangat jarang terjadi. Menurut panitia, mahasiswa sudah mulai paham mengenai sistem yang berlaku di PENS. "Mahasiswa juga sangat tertib dalam pelaksanaan UAS 2012 ini." Ujar Mardiyono, selaku panitia saat ditemui.

Dalam pelaksanaan UAS, tiap kelas di isi oleh 30 mahasiswa yang terdiri jurusan yang berbeda-beda. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir kecurangan. Sistem ujian yang diterapkan di PENS adalah tegas. Jika mahasiswa diketahui berbuat curang, maka para pengawas tidak segan membatalkan seluruh nilai UAS dan UTS yang sudah dilakukan. Walaupun terjadi di hari terakhir.

Sempat ada masalah dalam penggandaan soal dan distribusi informasi soal, namun dapat diatasi dengan baik oleh panitia. Mardiyono juga berharap untuk dapat lebih siap dan matang dalam persiapan pelaksanaan ujian selanjutnya. (sat/asw/ryo)

wpChatIcon
EnglishIndonesian