EEPIS-Online, Kegiatan Indusrial Electronics Seminar (IES) 2011 yang terlaksana pada hari ini (26/11) terdiri dari beberapa kegiatan. Mulai dari pembukaan oleh ketua pelaksana Ali Ridho Barakbah, Ph.D., lalu Direktur PENS, Ir. Dadet Pramadihanto, M.Eng, Ph.D. hingga pembagian sertifikat dan reward pada paper-paper terbaik.

Setelah adanya pembukaan oleh ketua pelaks"Poster_Sesion.JPG"ana dan direktur PENS, lalu dilanjutkan dengan Keynote Speaker oleh Prof. Shigeki Nakauchi dari Toyohashi University of technology, Jepang, dengan materi "Visualization od Invisible Information by Spectral Imaging Technology". Peserta nampak antusias saat ini. Selanjutnya, peserta diberikan beberapa materi di kelas-kelas laboraturium yang ada di D4.

Pada IES tahun ini, ada beberapa konsep baru dalam pelaksanaannya seperti perlombaan Paper dan Poster Session yang dilaksanakan di Hall D4. Pada sesi ini, peserta yang membuat paper akan mempresentasikan papernya dalam bentuk poster. Selanjutnya, diadakan sesi tanya jawab tentang paper mereka. Paper yang"DSC_5373.JPG" mereka buat rata-rata didominasi oleh penelitian teknologi terbaru. Paper ini dinilai oleh 50% juri lokal dan 50% juri internasional, sedangkan untuk poster session dinilai oleh 27 juri lokal dan 5 dosen dari Jepang.

Para peserta dinilai puas terhadap pelaksanaan IES pada hari ini. Salah satu peserta menyatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat, terutama dalam pertukaran ilmu tentang research antar negara. "Ini kesempatan yang baik, sayang sekali jika dilewatkan." Ujar Shiori Sasaki, salah satu peserta yang berasal dari Jepang.

Acara ini diakhiri dengan pembagian sertifikat dan reward pada peserta. Reward ini diwujudkan dalam bentuk Best Student Paper Award yang diberikan kepada 3 peserta, juga Best Paper Award yang diberikan kepada 1 peserta. Bapak Ahmad Basuki sebagai dosen PENS berhasil memperoleh Best Paper Award dalam topik papernya mengenai perkembangan teknologi terbarukan. 

"Saya sangat senang meraih penghargaan ini." Ujar Ahmad Basuki.

Kegiatan ini dinilai lancar secara keseluruhan oleh ketua pelaksana, Ali Ridho Barakbah, Ph.D. karena inovasi-inovasi baru yang ditampilkan telah direspon baik oleh para peserta. Beliau berharap IES tahun depan akan lebih baik dengan konsep yang baru yang lebih matang. (ENT)

wpChatIcon
EnglishIndonesian