EEPIS-Online, Sabtu, 12 Maret 2011 ada acara yang special bagi seluruh mahasiswa dan dosen di PENS. PENS mendapatkan kehormatan untuk menerima kuliah tamu beberapa Professor dari Toyohashi University. Kuliah umum ini bertemakan "Special Lecturers on Advanced Electrical and Electronic Information Engineering"."IMG_0596_2.jpg"

Rombongan ini terdiri dari 11 orang Professor dan staf dari Jepang. Mereka adalah Dr. Mitsuteru INOUE, Mr. Hideyoshi HORIMAI, Dr. Akihiro WAKAHARA, Dr. Hideyuki UEHARA, Dr. Shigeki NAKAUCHI, Dr. Hideo SEKINO, Dr. Atsunori MATSUDA, Dr. Naohiro HOZUMI, Mr. Kaname KITA, Mr. Toyohiko YOGO, dan Ms. Shino OKAZAKI. Delapan dari mereka menjadi pembicara dalam kuiah tamu di PENS.

Mereka tiba di Surabaya pada hari Kamis, 10 Maret 2011. Kunjungan mereka ini bertujuan untuk mengadakan pembahasan tentang rencana kerjasama dengan PENS dalam rangka program kuliah S2 di Toyohashi University, Jepang bagi mahasiswa PENS.

Sebelumnya mereka telah mengunjungi beberapa laboratorium yang dimiliki oleh PENS dan melihat beberapa hasil karya mahasiswa PENS. Mereka sangat tertarik dengan PENS dan karyanya. "Mahasiswa PENS terlihat alami dan sangat ingin mencoba hal baru", ujar Dr. Shigeki NAKAUCHI.

Kuliah tamu ini dibagi menjadi dua sesi. Dalam sesi pertama dimoderatori oleh Dr. Ir. Endra Pitowarno, M. Eng. Kuliah tamu pertama disampaikan oleh Dr. Mitsuteru INOUE dengan materi "Introduction to Toyohashi University of Technology and Spin Electronics". Kemudian dilanjutkan oleh Dr. Akihiro WAKAHARA yang menjelaskan tentang "Integrasi dari Electronic dan Perangkat Optoelektronik untuk Future Device".

Pada sesi selanjutnya, kuliah disajikan oleh Mr. Hideyoshi HORIMAI. Beliau menarik banyak perhatian peserta kuliah tamu karena berbagai macam hasil research yang beliau lakukan, termasuk teknologi mini Disk, HVD, dan Super Optical Memory (Disk yang memiliki kapasitas 64 Tera Byte/Disk). Selain itu, beliau juga telah membuat suatu prestasi yang mengesankan dengan memiliki 200 hak paten dari seluruh karyanya. Beliau juga telah menemukan "Hole Table", yaitu sebuah alat printing 3D object. Kemudian dilanjutkan oleh Dr. Atsunori MATSUDA dengan materi Electric Field Engineering Clean Energy and Plasma Energy System. Dengan temuan beliau, yaitu Observation of tumor."IMG_0531_b.jpg"

Untuk sesi kedua, dimoderatori oleh Bapak Indra Adji Sulistijono. Dr. Naohiro HOZUMI membuka kuliah tamu ini dengan materi Impulse Response untuk Diagnosa Electrical dan Biological Systems. Kemudian dilanjutkan oleh Dr. Hideyuki UEHARA membuka kuliah tamu sesi ini dengan Mobile Ad-Hoc Network. Hal yang menarik disampaikan oleh Dr. Shigeki NAKAUCHI yang membuat suasana kuliah tamu menjadi menyenangkan tentang eksperimen tentang kinerja otak belakang (Cerebellum) tentang warna, yang juga telah menghasilkan sebuah hasil penelitian yang mengesankan. Kuliah tamu kemudian ditutup oleh Dr. Hideo SEKINO dengan materi Simulation for Everything.

Seusai acara kuliah tamu ini, mereka akan melanjutkan perjalanan mereka ke kota Batu, Malang dan Taman Safari Indonesia II untuk menikmati hari libur. (dip)

wpChatIcon
EnglishIndonesian