EEPIS-Online, Suasana nampak sangat berbeda di ITS kemarin(14/12). Sejumlah aparat keamanan berjajar di kawasan kampus ITS termasuk PENS sehingga kegiatan perkuliahan diliburkan. Hal ini dikarenakan ITS menyelenggarakan kegiatan berupa kuliah umum dengan narasumber utama yaitu DR.H. Susilo Bambang Yudhoyono, Presiden Republik Indonesia. Kegiatan ini diadakan di gedung Graha ITS mulai pukul 08.30-12.00 WIB. Walaupun acara dimulai pada pukul 08.30, pemeriksaan peserta dimulai dari pukul 06.00 WIB oleh aparat keamanan.

Presiden didampingi ibu negara, Ani Bambang Yudhoyono dan 10 menteri kabinet Indonesia Bersatu diantaranya adalah Andi Malarangeng selaku Menteri Pemuda dan Olahraga dan Muhammad Nuh, DEA selaku Menteri Pendidikan Nasional. Acara ini dihadiri oleh Gubernur Jawa Timur, Tokoh Masyarakat Jawa Timur, Praktisi akademis, Mahasiswa ITS. Selain dari pihak yang telah disebutkan. Kegiatan ini diikuti pula oleh 11 perguruan tinggi di Indonesia melalui video conference. Dalam kesempatan ini presiden juga sekaligus meresmikan Forum Inovasi Indonesia 2010 di ITB.

Dalam kuliah umum yang bertema Akselerasi Inovasi Teknologi Dalam Rangka Mencapai Keunggulan Ekonomi Nasional, presiden memberikan pembahasan dengan judul Teknologi, Ekonomi, Masa Depan Indonesia.

Beliau memaparkan long term strategic vision Indonesia antara lain adalah menjadi negara maju di abad 21 dan menjadi emerging economic pada 15 tahun mendatang. Melihat kenaikan posisi indeks kompetitif negara kita yang mulanya pada tahun 2005 di peringkat 54 kini naik di peringkat 44. Maka optimis dua tujuan utama tersebut dapat tercapai. Hal ini tak luput juga dari peran inovasi teknologi. Selanjutnya, ekonomi dan teknologi harus berjalan sinergis sehingga dapat mencapai kesejahteraan bersama.

Indonesia memiliki begitu banyak potensi ekonomi nasional yang masih belum dimanfaatkan dengan baik. Oleh karenanya diperlukan perhatian serta tindakan dalam mengembangkan sumber daya tersebut. Untuk menjadi negara maju yang produktif Indonesia harus memenuhi persyaratan demografic defiden yaitu memiliki populasi penduduk yang besar dengan skill dandisiplin yang tinggi. Kemudian memiliki pendapatan yang diperoleh tidak hanya berasal dari kegiatan ekspor saja namun juga  investasi baik dari investor lokal maupun asing. Memiliki ide. "Banyak negara maju yang tumbuh dengan ide yang diadopsi oleh negara lain, maka kita mampu mengembangkan ide dan teknologi untuk dapat mencapai tujuan bersama " lengkap Presidem Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono..

Dalam mencapai tujuan itu, Indonesia berusaha memiliki Global Economic Growth yang bersifat kuat, seimbang, berkelanjutan, inklusif yaitu dapat dirasakan oleh semua elemen hingga ekonomi lemah. Selain itu juga terdapat 9 prinsip yang harus terus diperhatikan diantaranya pengembangan pendekatan budaya dan sumber daya. Pemerataan perdagangan, penerimaan pendapatan yang besar, penurunan hutang luar negeri, meningkatkan pelayanan, alat pertahanan harus mandiri. Kemudian juga memiliki keunggulan yang komparatif dan kompetitif. Pendekatan pasar dan pertumbuhan yang sesuai juga harus dilakukan.

Tidak hanya sampai pada 9 prinsip saja. Masih banyak hal penting yang harus menjadi perhatian bersama antaranya ketahanan pangan, pendapatan negara, investasi dari investor lokal dan asing, transportasi. Kemudian dari segi pariwisata harus juga dikembangkan, tenaga kerja dan UMKM yang memiliki dampak ke perekonomian sebagian besar masyarakat kita.

Dari sisi kesiapan teknologi(technology readyness) Indonesia menduduki peringkat 91 dari 139 negara. Disini, pengembangan teknologi harus terus dilakukan untuk menaikkan peringkat tersebut dan juga sebagai mesin penggerak pembangunan di Indonesia. Konkritnya, menciptakan teknologi dan ekonomi yang lebih kompetitif, efisien, lebih cepat, produktivitas tinggi dan juga solutif.

Peran perguruan tinggi sangat terkait dalam mencapai masa depan Indonesia lebih baik. Karena didalamnya terdapat potensi yang besar untuk kedepannya yaitu para mahasiswa yang harus terus didorong untuk berkreasi baik dengan seni, kreatif dan teknologi. Tiga unsur yaitu seni, kreatif, teknologi harus berjalan seimbang untuk dapat menghasilkan suatu hasil yang maksimal. "Oleh karenanya doronglah mahasiswa untuk berimajinasi, karena dari situlah mereka dapat mengembangkan ide untuk berinovasi demi masa depan kita bersama." tutur SBY.

Dalam kesempatan ini, Presiden juga menyampaikan usulan-usulan dari mahasiswa yang sering beliau terima. Beliau menilai 70% usulan mahasiswa merupakan usulan yang orisinil yaitu bebas dari kepentingan apapun, dan berasal dari nuraninya. Mayoritas usulan itu adalah tentang kemandirian energi yaitu mengoptimalkan nuklir sebagai sumber energi dengan tempat yang tepat, keamanan yang benar. Kemudian permasalahan korupsi dan mafia hukum harus diberantas habis. Masalah Lapindo yang tak kunjung usai. HAM sebagai Ruh Reformasi, Reformasi Birokrasi mulai dari semua elemen termasuk pada para penegak hukum. (mel)

wpChatIcon
EnglishIndonesian