Surabaya, pens.ac.id – Senin (16/10), tiga mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) 2022 berhasil torehkan prestasi dalam kategori Internet of Things (IoT) pada ajang International Modern Robotic Olympiad (IMRO) 2023. Tim JOSS sukses kantongi Medali Perak pada kompetisi yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur dan STKIP Modern Ngawi tersebut. Dalam kompetisi ini, Tim JOSS membangun SmartPond, yakni perangkat IoT dengan energi terbarukan guna membantu para pembudidaya ikan dalam mengelola kolam dengan lebih efisien.

Setelah melewati babak penyisihan dengan karya tulis yang diunggulkan, Tim JOSS yang beranggotakan Rohman Aditiya dari Prodi Teknik Komputer tahun 2021, Mochamad Abdul Aziz dari Prodi Teknik Mekatronika tahun 2021, dan Alga Vania Salsabillah dari Prodi Teknik Informatika 2022 tersebut berhasil melaju ke babak final. Dalam rentang waktu dua minggu, tim ini mengalokasikan waktu untuk mengembangkan aspek software, hardware, dan mekanikal dari proyek SmartPond. Pada tahap final, mereka mempresentasikan prototype yang telah dihasilkan, yang memperlihatkan solusi inovatif dalam mengontrol kualitas air dilengkapi teknologi pemberian pakan ikan secara otomatis.

Rohman Aditiya menyatakan, “Alasan kami untuk mengembangkan SmartPond berawal ketika saya mengunjungi tempat budidaya ikan di Bandung dan melihat langsung masalah yang dihadapi oleh para pembudidaya ikan, seperti banyaknya ikan mati dikarenakan kualitas air serta suhu ekstrim. Dari situ, kami merasa perlu menciptakan solusi yang bisa membantu para petani ikan dalam mengatasi masalah tersebut.” Rohman berharap agar teknologi yang dikembangkan dapat benar-benar memberikan manfaat kepada pembudidaya ikan dan dapat diterapkan lebih luas dalam industri. (ina)

wpChatIcon
EnglishIndonesian