Surabaya, pens.ac.id – Mahasiswa Program Studi Sarjana Terapan Teknik Mekatronika Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) 2022, Mochamad Laudri, berhasil menorehkan prestasi pada kompetisi Autodesk Inventor 2023 kategori mahasiswa se-Jawa Bali. Mengusung tema “Tunjukkan Keahlian dengan Jiwa Berkompetisi yang Bersih”, kegiatan ini diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Departemen Teknik dan Industri, Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang pada Jumat (15/9). Mahasiswa yang kerap disapa Laudri tersebut berhasil menduduki Juara 2 sekaligus meraih tiga penghargaan lainnya, yakni Terbaik 1 kategori Best Design Part, Terbaik 1 kategori Best Assembly, dan Terbaik 2 kategori Best Sketching.
Kompetisi dilaksanakan melalui dua tahap, yakni tahap penyisihan secara online pada (13/8), dan tahap final secara offline pada (15/8). Para peserta diminta mendesain kaki flange facing, yaitu alat untuk meratakan permukaan pipa besar yang terdapat pada pertambangan minyak dan gas. Lalu dilakukan analisis kekuatan untuk mengukur daya tahan kaki flange facing terhadap resistensi beban.

Kompetisi tersebut diperuntukkan bagi mahasiswa jurusan seputar teknik mesin, baik secara individu maupun secara tim yang beranggotakan dua orang. Sedangkan Laudri memilih untuk berkompetisi secara individu. Laudri mengaku bahwa persiapannya sangat singkat, tetapi berkat usaha, kerja keras dan pengorbanan waktu tidur, Laudri berhasil memenangkan kompetisi tersebut. Karena adanya dukungan penuh oleh Novian Fajar Satria, S.ST., MT., selaku dosen pembimbing membuat Laudri optimis dan berusaha semaksimal mungkin sehingga berhasil meraih Juara 2.
“Saya senang dan puas. Dengan waktu singkat, saya berhasil memperoleh Juara 2 dengan berkompetisi secara individu. Sedangkan Juara 1 dan 3 merupakan tim yang terdiri dari dua mahasiswa,” ucapnya dengan bangga. Semoga prestasi Mochamad Laudri dapat memotivasi mahasiswa PENS agar senantiasa bersemangat dalam menggapai prestasi sebanyak-banyaknya. (bey/rif)

wpChatIcon
EnglishIndonesian