Surabaya, pens.ac.id – Tujuh tim robot Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) kembali matangkan strateginya melalui technical meeting Kontes Robot Indonesia (KRI) Wilayah II 2023 pada hari Kamis (1/7). Dalam serangkaian kegiatan yang dilaksanakan melalui Zoom Video Conference ini, tim robot juga mengikuti running test sebagai kegiatan awal KRI. Berbeda dengan yang lain, tim dari divisi Kontes Robot Bawah Air Indonesia (KRBAI) sudah memasuki tahap penilaian melalui presentasi video.

Dalam KRI Wilayah II 2023 ini terdapat tujuh divisi yang diwakili oleh Tim Robot PENS dan setiap tim merupakan delegasi terbaik yang disiapkan oleh PENS. Untuk divisi KRSTI, terdapat Tim EEPIS Robot Intellegent in Sense of Art (ERISA). Sementara itu, Tim EEPIS Robot Soccer (EROS) mengikuti divisi KRSBI Humanoid dan Tim EEPIS Soccer Wheel (ERSOW) berada di divisi KRSBI Beroda. Selain itu, Tim EEPIS Intellegent Robot Abu (EIRA) berada di divisi KRAI dan Tim EEPIS Intellegent Thematic Robot (ETERNOS) di divisi KRTMI. Di divisi KRSRI terdapat Tim EEPIS Intellegent Leg Robot (EILERO), dan yang terakhir ada Tim EEPIS Autonomous Submarine Vehicle Research (EMOSVER) yang berada di divisi KRBAI.

Segala persiapan dan strategi telah dimaksimalkan sehingga Tim Robot PENS tampil dengan performa terbaik mereka. Dr. Tri Budi Santoso, S.T., M.T., selaku Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan dan Sumber Daya Manusia PENS, serta para pembina masing-masing tim robot turut hadir menyaksikan dan memberikan dukungan. Dalam kegiatan ini, terdapat divisi baru yang dipertandingkan yakni KRBAI dan diikuti oleh Tim EMOSVER. Tim yang dibentuk tahun 2022 tersebut tampil langsung dengan mempresentasikan robotnya. Tim ini berhasil menunjukkan keunggulannya dalam bidang robot perairan dan berharap mampu melangkah ke KRI Nasional “Harapannya semoga seluruh Tim Robot PENS bisa juara satu khususnya divisi KRBAI dan semoga hasil dari penelitian ini bisa dipakai untuk membantu permasalahan infrastruktur bawah laut,” pungkas Anisa Faza dari salah satu anggota Tim EMOSVER. (arm/may)

wpChatIcon
EnglishIndonesian