Surabaya, pens.ac.id – Setelah berlaga pada tingkat Internasional, tim Bamantara EEPISAT yang mewakili CanSat Competition 2022 telah tiba di Kampus Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) pada Sabtu (18/6). Direktur PENS yakni Ali Ridho Barakbah, S.Kom., Ph.D menyambut kedatangan delegasi tim tersebut dengan mengalungkan rangkaian bunga. Turut dihadiri oleh beberapa civitas akademika, kegiatan dilanjutkan dengan pemberian arahan dari Direktur PENS di Lantai 5 Gedung Pascasarjana.

Tim yang beranggotakan sebelas mahasiswa PENS dari berbagai program studi ini telah melewati berbagai rintangan setiap babaknya. Berbagai masalah non-teknis pun dilalui oleh tim ini, tetapi mereka tetap mampu mengatasinya. “Meskipun terdapat berbagai kendala salah satunya adalah culture shock namun delegasi Bamantara tetap mampu beradaptasi dengan baik,” ungkap Zulfikar selaku ketua Bamantara EEPISAT. Harapan terbesar bagi tim ini untuk kembali berkompetisi pada CanSat tahun berikutnya dan mendapatkan hasil terbaik.

Keberhasilan kontingen Bamantara tidak serta merta sebuah keberuntungan belaka, banyak orang dibalik layar yang tetap memberikan support nya untuk tim ini. Salah satunya adalah dosen pembimbing tim Bamantara yakni Nofria Hanafi, S.ST., M.T dan Hendhi Hermawan, S.ST., M.T. Tidak hanya itu, banyak pihak lain yang mendukung tim ini. Secara spesial Direktur PENS menyampaikan  ucapan terimakasih kepada Duta Besar RI untuk AS, Bapak Rosan Perkasa Roeslani yang telah memberikan dana dan apresiasi selama di Amerika Serikat, Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Washington, DC yang telah mengkordinasikan kelancaran Kegiatan Mahasiswa selama di AS untuk berkegiatan di Virginia dan Washington, DC, sejak 9 s.d. 14 Juni 2022, mengkordinasikan kepada Puspresnas (Pusat Prestasi Nasional) Kembidkbudristek untuk penyambutan sebagai Tim Juara dan tim Mendikbudristek. Kepala Puspresnas yang telah memberikan penyambutan yang meriah kepada Tim Bamantara EEPISAT setiba di Cengkareng Airport. Bapak Nadiem Makarim selaku Mendikbudristek dengan program Merdeka Belajar. Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Sponsor yang telah membantu: Telkomsat, Bank Jatim, PT. Pura Barutama Coating, PT. Len Industri, CV. Mataram Mitra Sentosa, Duniatex dan Victor Julius Senjaya, Defense Attaché Assistant.  (ten/hum) 

wpChatIcon
EnglishIndonesian