Surabaya, pens.ac.id – Menjadi awal dari serangkaian kegiatan pelatihan intensif pembuatan gim, Campaign Indonesia Game Developer eXchange (IGDX) Bootcamp 2024 usai dilangsungkan pada Jumat (17/5). Sebagai salah satu kampus kolaborator, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) mengambil titik lokasi di Auditorium Lt. 6 Gedung Pascasarjana untuk tempat pelaksanaan kegiatan tersebut. Mengundang Ketua Tim Gim, Animasi, dan Startup Teknologi Baru berbasis Digital Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), yakni Luat Sihombing serta Project Manager Mojiken/Toge Production, Eka Pramudita sebagai narasumber, kegiatan menarik ini dihadiri oleh Direktur PENS, Ketua Jurusan Teknologi Multimedia Kreatif, Koordinator Program Studi Sarjana Terapan Teknologi Game, sejumlah dosen Program Studi Sarjana Terapan Teknologi Game, tiga orang perwakilan Kemenkominfo, dan 200 mahasiswa dari berbagai program studi PENS.

Kegiatan campaign ini dimulai dengan sambutan dari Ali Ridho Barakbah, S.Kom., Ph.D. selaku Direktur PENS serta dilanjutkan oleh sambutan dari Ketua Tim Gim, Animasi, dan Teknologi Baru berbasis Digital Kemenkominfo, yakni Luat Sihombing. Pengenalan IGDX Bootcamp juga turut melengkapi sambutan yang disampaikan oleh pria yang kerap disapa Luat tersebut. Menurutnya, IGDX Bootcamp ialah program inkubasi inisiasi Kemenkominfo serta Asosiasi Game Indonesia (AGI) guna melahirkan sumber daya manusia berkualitas, khususnya generasi muda di bidang pengembangan gim melalui bimbingan kemampuan teknis oleh para ahli industri gim Indonesia. Lebih lanjut, disebutkan bahwa campaign ini akan menjadi awal dari perjalanan panjang IGDX Bootcamp sebelum memasuki tahap kurasi, team matchmaking, matrikulasi, inkubasi, serta pitching area untuk menentukan tim pencipta dan pengembang gim terbaik.

Tak hanya sekadar pengenalan, Campaign IGDX Bootcamp kali ini turut menghadirkan sesi diskusi panel bertemakan “Membangun Fondasi dalam Studio Game melalui IGDX Bootcamp” sebagai sorotan kegiatannya. Mengundang Eka Pramudita, Project Manager Mojiken/Toge Production sebagai narasumber ahli dalam industri gim, diskusi panel yang dipimpin oleh Gek Agung Ary tersebut mampu menarik antusias tinggi para peserta, terlihat dari banyaknya frekuensi pertanyaan yang diajukan ketika dibuka sesi tanya jawab. Sebelum sesi diskusi panel berakhir, Eka Pramudita berpesan pada seluruh peserta, terutama mahasiswa dari satu-satunya program studi gim terakreditasi unggul di Indonesia, yakni Program Studi Sarjana Terapan Teknologi Game PENS agar mampu memanfaatkan waktu yang dimiliki dengan terus berkarya. “Sebagai seorang mahasiswa yang belum terjun ke dunia industri, manfaatkan waktu kalian untuk terus belajar dan berkarya. Bagaimanapun hasilnya, baik berhasil maupun gagal, tetap ambil pengalaman dan pelajarannya,” pesan Project Manager Mojiken/Toge Production tersebut. Melalui perhelatan bootcamp pertama dalam sejarah perjalanan IGDX di perguruan tinggi Surabaya ini generasi muda diharapkan mampu memperdalam kemampuannya serta turut berkontribusi dalam mempercepat perkembangan industri gim di Indonesia. (ath/ina)

wpChatIcon
EnglishIndonesian