Surabaya, pens.ac.id – Sebagai peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) menggelar upacara bendera pada Kamis (2/5). Tema yang diusung, yakni “Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar” memberikan refleksi dan aksi di bidang pendidikan Indonesia. Dihadiri oleh perwakilan dosen, karyawan, dan mahasiswa, upacara ini berlangsung di Ruang Auditorium Lantai 6 Gedung Pascasarjana. Sejumlah dosen PENS mengenakan busana adat sebagai bentuk penghormatan terhadap peringatan hari nasional tersebut.

Upacara Peringatan Hardiknas yang dimulai pada pukul 08.00 ini berlangsung dengan khidmat dan penuh semangat. Upacara diawali dengan pembukaan, kemudian dilanjutkan dengan pengibaran bendera sembari menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Suasana hening menyelimuti seluruh peserta upacara saat mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur demi kemerdekaan Indonesia. Pembacaan Pancasila dan UUD 1945 turut meneguhkan komitmen para peserta upacara untuk terus menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa.

Pada kesempatan tersebut, Dr. Bambang Sumantri, S.T., M.Sc. selaku pembina upacara berkesempatan untuk menyampaikan amanat Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A. terkait perkembangan positif pada 5 tahun perjalanan gerakan Merdeka Belajar. Diharapkan peningkatan ini terus berlanjut untuk mewujudkan masa depan pendidikan Indonesia yang lebih maju. Penyampaian amanat tersebut menjadi motivasi bagi seluruh civitas akademika yang hadir dan menggarisbawahi pentingnya peran pendidikan tinggi dalam memajukan bangsa. Selain itu, juga sebagai momen untuk mengajak seluruh elemen masyarakat untuk terus berkontribusi dalam memajukan pendidikan Indonesia. Upacara ini menjadi pengingat bagi kita semua tentang pentingnya pendidikan dalam mencerdaskan bangsa dan membangun masa depan Indonesia yang lebih gemilang. (bey/ina)

wpChatIcon
EnglishIndonesian